Media Tumbuh, Kultivar dan Daya Hantar Listrik Pupuk untuk Bunga Anthurium Potong


Diupload oleh : Wuryaningsih,S., S. Andyantoro, dan A. Abdurahman. | Tahun 2004  | Dibaca 1 kali

Banyak bahan yang terdapat disekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai media tumbuh seperti sabut kelapa, baik seratnya maupun serbuknya. Taraf daya hantar listrik pupk dalam media tumbuh dipengaruhi oleh beberapa factor, antara lain jenis media dan Tanaman yang digunakan. Penellitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh media tumbuh dan taraf daya hantar listrik untuk pertumbuhan bunga anthurium potong dengan bahan yang mudah didapat, murah dan ramah lingkungan. Penelitian dilaksanakan di Rumahkaca/plastic sejak bulan Mei 2000-Februari 2001.Rancangan percobaan menggunkan acak kelompok berpola factorial dan tiga ulangan. Faktor pertama dua macam media (1) serbuk sabut kelapa+zeolit dan (2) serbuk sabut kelapa +serat sabut kelapa+zeolit (serat sabut kelapa sebagai penutup media), factor kedua tiga kultivar bunga anthurium potong (tropical, yose, dan fantasia), factor ketiga yaitu 3 taraf EC yang dikendalikan oleh pemberian pupuk lengkap. Hasil Penelitian menunjukan bahwa media serbuk sabut kelapa + zeolit menghasilkan daun, tinggi Tanaman, ukuran daun, jumlah bunga dan bobot Tanaman tidak berbeda nyata dengan media serbuk sabut kelapa + serat sabut kelapa + zeolit. Kultivar tropical mempunyai jumlah daun, tinggi,bunga dan bobot Tanaman tertinggi. Penambahan bobot tanaman kultivar tropical 10,76 kali, selanjutnya diikuti fantasia dan yose, yaitu masing-masing 8,25 dan 7,69 kali. Pemberian pupk dengan daya hantar listrik 1,0 dapat meningkatkan jumlah bunga 2,69 kali dibandingkan control. Hasil Penelitian ini merupakan salah satu usaha untuk memanfaatkan bahan yang ramah lingkungan dan mudah didapat. Kata kunci : Anthurium andreanum; Kultivar Media tumbuh:Daya hantar listrik: Pertumbuhan; Hasil.

Download nama_file.pdf
Teknologi Inovasi Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.210.99

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun