Variabilitas Genetik, Heritabilitas, dan Penampilan Fenotipik 18 Klon Mawar di Cipanas


Diupload oleh : Darliah,1 I. Suprihatin2, D.P. de Vries3, W. Handayati1, T. Herawati2 dan T. Sutater1 | Tahun 2001  | Dibaca 1 kali

Percobaan dilaksanakan di rumah plastik Instalasi Penelitian Tanaman Hias Cipanas, Cinajur, 1.100 m di atas permukaan laut, dari bulan Maret 1997 sampai dengan bulan September 1997. Tujuan percobaan adalah untu estimasi variabilitas genetik dan nilai heritabilitas, serta mendapatkan klon mawar untuk bunga potong hasil introduksi dari Belanda yang mempunyai penampilan fenotipik terbaik. Percobaan ditata dalam rancangan acak kelompok, dengan perlakuan terdiri atas 18 klon mawar, dan dua ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik panjang tangkai bunga, panjang ruas, jumlah daun majemuk per tangkai bunga, diameter tangkai bunga, diameter kuncup bunga, diameter bunga mekar, jumlah petalum per bunga, lama kesegaran bunga, umur panen, jumlah duri per tangkai bunga, kewangian bunga, dan kecerahan warna bunga, mempunyai variabilitas genetik yang luas serta heritabilitas yang tinggi, sedangkan jumlah bunga per tanaman mempunyai variabilitas genetik yang sempit dan heritablitas yang sedang. diantara klon mawar introduksi dari Belanda, klon 95090-47 mempunyai penampilan fenotipik terbaik, berdasarkan karakteristik tangkai bunga yang panjang, diameter tangkai bunga yang besar, jumlah dari pertangkai bunga yang sedikit, diameter kuncup bunga yang besar, diameter bunga mekar yang lebar, dan berwarna merah muda. Kemudian diikuti Klon 95062-03 yang berwarna merah orange. Kata kunci: Variabilitas; Genetik; Heritabilitas; Penampilan; Fenotopik, Klon; Mawar

Download nama_file.pdf
Teknologi Inovasi Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.118.107

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun