Peran Tingkat Ketuaan Bunga dan Pengelolaan Tanaman Araceae dalam Ruangan


Diupload oleh : Amiarsi, D.1), Yulianingsih1), dan Sabari, S2). | Tahun 2006  | Dibaca 1 kali

Peran tingkat ketuaan bunga dan pengelolaan tanaman Araceae dalam ruangan. Penelitian ini bertujuan memperoleh tingkat ketuaan bunga optimal dan selang waktu yang tepat untuk perputaran tanaman di luar maupun di dalam ruangan, agar dapat dipertahankan mutu prima tanaman pot berbunga diperagaan wismasari.Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Balai Penelitian Tanaman Hias, Jakarta dari bulan April 1999 sampai bulan April 2000. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap (1) Ketahanan simpan tanaman pot berbunga dengan 4 tingkat ketuaan bunga (0,25, 50, dan 75%) diruangan berpendingin (1820oC) dan (2) Empat selang waktu perputaran tanaman yaitu 5 hari di dalam ruangan dan 2 hari di luar ruangan, 5 hari di dalam ruangan dan 7 hari di luar ruangan, 7 hari di dalam ruangan, dan 14 hari di luar ruangan serta kontrol tanpa perlakuan perputaran tanaman. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dan 3 kali ulangan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tanaman pot berbunga dengan tingkat ketuaan bunga 75% mempunyai mutu terbaik untuk diperagakan dengan ketahanan simpan mencapai 16 hari pada kondisi ruangan berpendingin. Waktu perputaran tanaman yang baik ditunjukkan oleh pengaturan selang waktu perputaran tanaman 7 hari di dalam ruang dan 14 hari di luar ruangan. Tanaman tersebut bertahan selama 28 hari pada peragaan suhu kamar dan 33 hari pada ruang AC dan lebih lama dibandingkan kontrol yang hanya bertahan selama 14 hari pada suhu AC dan 16 hari pada kondisi kamar. Kata kunci: Araceae sp.; Tanaman pot berbunga; Tingkat ketuaan; Pascaproduksi; Ketahanan segar

Download nama_file.pdf
Teknologi Inovasi Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun