Paku Sarang Burung, Tanaman Hias Berpotensi untuk Perdagangan dengan Berwawasan Konservasi Ditinjau dari Keberadaan dan Peranannya di Alam


Diupload oleh : Rahajoe, J .S. | Tahun 2004  | Dibaca 1 kali

Asplenium nidus (Paku sarang burung), Sudah dikenal sebagai tanaman hias yang cukup berpotensi. Dalam makalah ini akan dibahas potensi paku sarang burung sebagai tanaman hias dalam menunjang perdagangan tanaman hias di skala intemasional. Perdagangan tanaman, tidak akan terlepas dari habitat asli dari tanaman tersebut, bagaimana persebaran, kelimpahannya dan peranannya, sehingga tujuan perdagangan tidak menyebabkan rusaknya habitat, Penelitian tentang bagaimana keberadaan, habitat serta peranan A. nidus di alam dilakukan di Taman Nasional Gunung Halimun pada bulan September 2003 dan Maret 2004. Dari hasil pengukuran dilapangan tidak ditemukan pola hubungan yang jelas antara ketinggian dimana dia tumbuh dengan diameter akar dan jumlah daunnya. Walaupun demikian terlihat kecenderungan adanya peningkatan diamater dengan semakin tingginya tempat dimana dia menempel pada pohon. Hubungan antara diameter dan jumlah daun juga tidak terlihat adanya trend yang jelas. Sehingga dapat diuraikan bahwa A. nidus di habitat aslinya bisa tumbuh dengan baik dimanapun dia menempel, tidak tergantung pada ketinggiannya. A. nidus sangat ber- peranan dalam penyedia hara dan habitat tempat hidup mikroorganisma pengurai, dan juga menjadi media tumbuh jenis-jenis mikroorganisme yang bermanfaat dalam keseimbangan ekosistem hutan. Berprospek positif untuk ditingkatkan perdagangan skala intemasional terutama ke wilayah non tropis, dengan berwawasan konservasi, mengingat peranannya yang cukup besar dalam menyediakanhara ke lantai hutan. Kata kunci: A. nidus, konservasi, Perdagangan, Gunung Halimun

Download nama_file.pdf
Teknologi Inovasi Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun