Karakterisasi Genetik Koleksi Plasma Nutfah Anggrek Vanda dan Kerabatnya.


Diupload oleh : 1.Kartikaningrum,S.2.N.Hermiati 3.A.Baihaki 3.M.H.Karmana dan 4.N.T Mathius | Tahun 2004  | Dibaca 1 kali

Abnormalitas meiosis dan rendahnya fertilitas sering terjadi pada persilangan interspesifik maupun intergenerik pada beberapa tanaman anggrek Vanda dan kerabatnya. Sebagian besar pemulia anggrek yang terlibat dengan pengembangan Aranda menghadapi rendahnya persentase keberhasilan persilangan jika Aranda digunakan sebagai tetua. Kendala-kendala dalam persilangan juga terjadi jika ingin dibentuk genus baru Mokara yang melibatkan persilangan 3 genus. Hal tersebut kemungkinan berhubungan dengan jauh dekatnya kekerabatan tanaman. Empat belas primer dekamer acak digunakan untuk mengamplifikasi DNA berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan diperoleh 201 pita fragmen DNA yang polimorfik. Kekerabatan antar spesies dan antar genus dihitung berdasarkan jarak genetik yang dihitung menggunakan rumus D=1-S ( S=similarity, berdasarkan Dice koefisien). Kekerabatan tanaman digambarkan dalam bentuk posisi relatif antara spesies dan genus anggrek dengan membandingkan komponen utama I dan komponen utama II. Berdasarkan nilai komponen utama dari 201 pita hasil amplifikasi 14 primer pada anggrek Vanda dan kerabatnya dapat diidentifikasi 154 pita RAPD yang berperan dalam mengelompokan secara terpisah 16 genotip anggrek Vanda dan kerabatnya. Berdasarkan penentuan pita-pita yang berperan dalam membedakan 16 genotip anggrek Vanda dan kerabatnya yang diamplifikasi dengan 14 primer acak, ditemukan pita penduga yang dapat dijadikan sebagai penanda spesifik genotipe yang dapat digunakan untuk membedakan genotipe tersebut dengan genotipe lain. Pita OPN 16560 kemungkinan dapat dipakai sebagai penciri bagi genus Vanda, karena pita tersebut hanya munculpada empat spesies-spesies dari genus Vanda yang memiliki korelasi dengan komponen utama I sebesar 0,7693. Kata kunci: Anggrek; Vanda; Karakterisasi; Plama Nutfah

Download nama_file.pdf
Teknologi Inovasi Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.165.158

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun