Lili (700)


Lili termasuk dalam famili Lilium terdiri atas 100 spesies, merupakan tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Sebagian besar spesiesnya berasal dari daerah belahan bumi utara (Eurasia dan Amerika Utara). Sebagian besar spesies berasal dari Asia (China, Korea dan Jepang). Sekelompok besar sesies berasal dari Amerika Utara dan 10 spesies berasal dari Eropa (Veli-Pekka & Pelkonen 2005).

Organ utama tanaman lili dewasa adalah akar, umbi yang berada di bagian bawah dari tunas, dan rangkaian bunga muncul dari bagian atas, dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Scale dari umbi merupakan organ penyimpan nutrisi dan air. Meristem apikal memproduksi rangkaian bunga, sedangkan meristem aksilar memproduksi umbi sisik yang berlanjut pertumbuhannya setelah tunas utama mati (Woodcock & Stearn 1950).

Spesies lili dibagi ke dalam dua kelompok menurut tipe perkecambahannya yaitu epigeal dan hypogeal. Berdasarkan bentuknya lili dikelompokkan menjadi tujuh kelompok yaitu: Martagon, American, Candidum, Oriental, Asiatic, Trumpet dan Dauricum. Lili lokal yang ada di Indonesia sebagian besar dari kelompok Trumpet yaitu spesies longiflorum dan formosanum.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.221.73.186

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun