Anggrek Koneng Layung (1188)


Bunga anggrek tidak hanya sekedar indah dan cantik, namun juga memiliki jenis yang beragam, apalagi setelah dibuat persilangannya. Kombinasi dari berbagai warna dan bentuk anggrek akan menambah variasi anggrek yang ada di dunia ini. Salah satu anggrek yang mudah di dapat, mudah perawatan dan mudah perbanyakannya ialah Spathoglottis sp. Biasa dinamakan dengan anggrek tanah (ground orchid), anggrek yang hidup di tanah . Di Indonesia, Spathoglottis dapat tumbuh subur dan rajin berbunga, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Anggrek Spathoglottis yang umum dijumpai adalah Spathoglottis plicata yang berbunga ungu. Sementara spesies berbunga kuning hanya tumbuh baik di dataran tinggi. Anggrek Spathoglottis yang berbunga putih pun banyak dijumpai dan biasanya dikenal dengan nama anggrek congkok. Namun anggrek ini mudah sekali rusak bunganya bila kena hujan dan terkesan kotor berwarna coklat.
Anggrek Spathoglottis memiliki ukuran bunga bervariasi, dari yang kecil dan sempit sampai besar dan lebar dengan panjang tangkai bunga yang beragam pula. Akhir-akhir ini banyak dihasilkan silangan baru antara spesies-spesies anggrek tanah untuk memenuhi permintaan konsumen. Kombinasi dua warna hasil perpaduan antara anggrek-anggrek yang berwarna polos menghasilkan anggrek yang berwarna campuran. Salah satu spesies anggrek yang memiliki perpaduan dua warna dari kedua induknya ialah Spathogottis Primrose. Spathoglottis Primrose merupakan hasil perpaduan antara Spathoglottis aurea yang berwarna kuning dengan Spathoglottis plicata yang berwarna ungu. Jenis-jenis Primrose ini juga sangat variatif tergantung dari kedua tetuanya. Varietas-varietas dari spesies Primrose generasi pertama yang telah lebih dahulu dilepas Balai Penelitian Tanaman Hias yaitu Bintang Segunung, Bintang Cipanas, dan IOPRI Star.
Generasi Primrose kedua yang dilepas kemudian menggunakan spesies Spahtoglottis aurea yang sama dengan generasi Primrose pertama, namun menggunakan polen dari Spathoglottis plicata yang memiliki warna ungu lebih tua. Kombinasi warna generasi ke dua ini ternyata menghasilkan warna kuning yang lebih menyolok.
Koneng Layung memiliki postur yang sama dengan Primrose generasi pertama, namun memiliki berbentuk bunga bintang, sepal dengan warna dasar kuning dipadu dengan warna tepi ungu. Petal warna dasar kuning dengan semburat warna ungu yang tebal. Bibirnya berwarna merah menyala. Perpaduan warna ini menjadikan anggrek ini cantik untuk dilihat. Ukuran bunga mencapai 7 cm, dengan panjang tangkai berkisar antara 55-111 cm, dan berbunga silih berganti. Setiap tangkai bunga menyokong bunga mekar 3-5 bunga, dan akan berganti-ganti bunga mekar setelah tiga hari. Bunga lama akan rontok, digantikan dengan bunga yang baru di bawahnya. Produksi bunga dapat mencapai 15-20 tangkai perumpun tergantung jumlah rumpun. Setiap tanamandapat membawa 1-2 tangkai bunga dan akan berbunga sepanjang tahun dengan perawatan tanaman yang baik.
Anggrek ini mampu beradaptasi baik di dataran rendah-tinggi. Warna yang dimiliki akan lebih menyolok bila di tanam pada dataran tinggi. Anggrek ini dapat ditanam sebagai tanaman taman, untuk penutup tanah dan dapat menjadi point of interest jika ditanam secara berumpun. Namun sebaiknya di tanam pelindung tanaman lainnya (di bawah pohon), karena tidak tahan terkena matahari langsung. Bila ditanam di tanah, cukup dengan pemisahan rumpun bila telah padat dan pemberian pupuk kandang, akan menjadikan tanaman ini rajin berbunga. Tanaman ini dapat juga ditanam di teras-teras rumah, dapat juga ditanam sebagai tanaman pot.
Selama ini anggrek yang ditanam sebagai tanaman menggunakan anggrek tanah berwarna ungu. Beredarnya anggrek tanah berwarna kuning-ungu ini dapat menggantikan atau menambah variasi anggrek tanah yang ditanam di taman.

Dr. Suskandari Kartikaningrum, MP
Peneliti Balithi
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.210.99

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun