Pengaruh Media Tanam dan Formula Nutrisi terhadap Hasil dan Kualitas Bunga Mawar Potong


Penulis : Rahayu Tejasarwana dan Toto Sutater | Tahun 2001  

Percobaan dengan rancangan petak terpisah dengan tiga ulangan telah dilakukan di lahan Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung, Cianjur pada tahun 1999-2000. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media tanam dan formula nutrisi yang dapat memberikan hasil dan kualitas bunga mawar potong yang baik. Sebagai petak utama adalah tiga media tanam yang terdiri atas : tanah, tanah+pupuk kandang, tanah +pupuk kandang+serbuk daun bambu. Sedangkan anak petak adalah lima macam jenis nutrisi yaitu : tanpa pupuk, 45 g NPK/m2/2 minggu+kapur, nutrisi formula komersial dengan rahasia dagang, formula umum atau Belanda (Handreck&Black, 1994), dan formula Cipanas yang merupakan modifikasi formula Dewis&Freitas, 1970). Hasil percobaan menunjukkan terjadi interaksi nyata antara media tanam dan formula nutrisi pada peubah bobot bunga segar/tangkai. Pada semua jenis media tanam bobot bunga tertinggi diperoleh dari pemberian nutrisi formula Cipanas. Diameter kuncup bunga tertinggi (18,6 mm) diperoleh pada media tanam tanah + pupuk kandang + serbuk daum bumbu (2:1:1). Nutrisi formula komersial memberikan diameter kuncup bunga tertinggi (18,7 mm). Pemberian nutrisi 45 g NPK/m2/2 minggu, formula umum dan formula Cipanas menghasilkan panjang tangkai bunga berturut-turut 54,4,57,4, dan 54,7 cm dan nyata lebih baik dibandingkan dengan kontrol (46,4 cm). Hasil bunga berkisar antara 35,1-40,9 tangkai/ petak atau 18,6-21,6 tangkai/m2 tidak dipengaruhi media tanam dan formula nutrisi. Kata kunci :Rosa hybrida; Media tanam; Formula nutrisi.

jh113-115-162-pengaruh-media-tanam-formula-nutrisi-hasil-kualitas-bunga-mawar-potong.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.123.74

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun