Pengaruh Cara Pemberian Air, Media, dan Pemupukan terhadap Pertumbuhan Anggrek Dendrobium


Penulis : Benamehuli Ginting, Waspodo Prasetio, dan Toto Sutater | Tahun 2001  

Untuk mencapai pertumbuhan tanaman anggrek yang optimal diperlukan kondisi lingkungan yang sesuai seperti cahaya,suhu, dan kelembaban serta penggunaan media dan kebutuhan pupuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara pemberian air, media, dan pemupukan terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif anggrek Dendrobium. Percobaan dilaksanakan di rumah sere Balai Penelitian Tanaman Hias Jakarta dari bulan April 1996 sampai dengan bulan Maret 1998. Penelitian menggunakan Rancangan Petak-petak Terbagi dengan tiga ulangan. Sebagai petak utama adalah pemberian air yang terdiri atas dua cara penyiraman yaitu penyiraman biasa dan pengkabutan. Anak petak adalah media tumbuh terdiri dari dua jenis media yaitu arang dan campuran arang dengan sabut kelapa. Anak- anak petak adalah pemupukan terdiri dari : (a) tanpa pupuk; (b) pupuk NPK (25:5:20) 3X diselingi NPK (10:40:15) 1X; (c) pupuk NPK (25:5:20)2X diselingi NPK (10:40:15) 1X dan (d) pupuk NPK (20:20:20) seimbang diberikan terus menerus seminggu sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian air dengan cara pengkabutan memberikan pengaruh nyata terhadap peningkatan tinggi tanaman, ketebalan daun, diameter bulb dan jumlah kuntum bunga/tangkai. Pemberian pupuk NPK (25:5:20) 3X diselingi NPK (10:40:15) 1X berpengaruh nyata dalam meningkatkan tinggi tanaman dan jumlah kuntum bunga/tangkai. Sedangkan penggunaan media arang tidak menunjukkan perbedaan yang nyata dibandingkan campuran arang dan sabut kelapa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pemberian air dengan cara pengkabutan, penggunaan media yang sesuai, dan pemupukan yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan dan pembungaan anggrek Dendrobium.

jh111-022-029-pengaruh-cara-pemberian-air-media-pemupukan-pertumbuhan-anggrek-dendrobium.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.82.57.154

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun