Status Hama pada Sedap Malam


Penulis : Donald Sihombing dan I Djatnika | Tahun 1999  

Studi inventarisasi untuk mengetahui jenis- jenis hama dan statusnya pada tanaman sedap malam, telah dilakukan pada sentra- sentra produksi sedap malam di Jawa Barat, sejak Mei 1995 sampai Maret 1996. Sampel serangga dikumpulkan dari lapang dan diidentifikasi di loboratorium. Beberapa jenis hama ditemui seperti kutu perisai atau disebut juga kutu tempurung (scale insect/ Coccidae), thrips (Thripidae), belalang (Acrididae), dan kutu dompolan (Pseudoccidae). Hama yang dominan ditemukan pada tanaman sedap malam adalah kutu perisai atau scale insect (Coccidae). Dari identifikasi diketahui ada 3 jenis kutu perisai yang menyerang yakni Coccus sp, satu jenis dan Saissetia sp, dua jenis. Serangan hama tersebut dapat mencapai 15% sampai 25% dari luas areal pertanaman dan terutama menyerang pada bagian pangkal dan permukaan atas daun. Kisaran panjang telur, nimfa, dan imago Coccus sp, berturut- turut adalah 0,23-0,28 mm, 0,30-0,43 mm, dan 1,57 - 3,16 mm, sedangkan lebarnya berturut- turut adalah 0,12-0,15, 0,17- 0,23 mm, dan 1,10 - 2,25 mm. Hama tersebut dapat menyebar melalui persentuhan daun, baik pada stadia nimfa maupun setelah membentuk perisai. Untuk mendapatkan data dan status hama yang lebih tepat diperlukan kajian lebih lanjut. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan atau informasi awal dalam pengendalian hama yang tepat sasaran. Kata kunci: Polyanthus tuberosa; Hama; Coccidae; Thrips; Acrididae; Pseudococcidae

jh091-034-039-status-hama-sedap-malam.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.92.190.11

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun