Pengaruh Pewarnaan usai Panen Terhadap Mutu Bunga Sedap Malam


Penulis : Suryanti, Murtiningsih dan Imam Muhajir | Tahun 1997  

Pewarnaan bunga sedap malam dilakukan dengan menggunakan 9 jenis bubuk pewarna makanan yang terdiri atas Biru 1, Biru 2, Merah cabe, Oranye, Kuning muda, Anggur, Tartazine, Carmoisine, Kuning tua, dan kontol (tanpa pewarnaan). Tujuan penelitian adalah mempelajari jenis- jenis pewarna yang tepat untuk pewarnaan bunga sedap malam. Bunga sedap malam dipanen dari Cianjur , direndam dalam larutan pewarna (4 g/l) yang mengandung gula 6 % dan pH 3,5 selama 15-170 menit tergantung jenis pewarna yang digunakan. Penelitian menggunakan rancangan Acak lengkap dengan ulangan sebanyak empat buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bunga sedap malam yang diberi perlakuan pewarnaan semuanya cukup disukai dan tidak berpengaruh terhadap jumlah bunga mekar dan jumlah bunga layu setelah 4 hari penyimpanan pada suhu 25 C. Warna paling disukai adalah bunga sedap malam yang diberi perlakuan pewarnaan dengan menggunakan pewarna kuning tua. Warna bunga yang dihasilkan kuning cerah dan homogen. Jumlah larutan pewarna yang diserap 4 ml/tangkai dan waktu yang diperlukan sampai beurbah warna 60 menit. Komposisi warna yang dihasilkan berdasar indek Lovihon adalah putih (1,45), biru (0), kuning (3,13), Merah (0), Warna bunga yang dihasilkan kuning cerah (Marigold orange 11/3). Pewarnaan pada bunga potong sedap malam dengan berbagai jenis bahan pewarna diharapkan disamping dapat meningkatkan mutu penampilan juga akan menaikkan volume penjualan. Kata kunci : Polianthes tuberosa: Pewarnaan; Mutu hasil

jh072-692-700-pengaruh-pewarnaan-usai-panen-mutu-bunga-sedap-malam.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.209.201

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun