Pemberian Triakontanol Untuk Perbaikan Hasil dan Kualitas Bunga Mawar


Penulis : Sri Wuryaningsih dan Surachmat Kusumo | Tahun 1997  

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi dan interval pemberian trikontanol yang tepat untuk perbaikan hasil dan kualitas bunga mawar Tinneke. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Instalasi Penelitian Tanaman Hias Cipanas dari bulan Mei 1995 sampai dengan bulan April 1996 menggunakan Rancangan Split-Plot dengan empat konsentrasi triakontanol sebagai petak utama dan interval pemberian sebagai anak petak dengan tiga bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi triakontanol 200 dan 150 ppm masing-masing berpengaruh nyata terhadap jumlah tunas pada umur 1.5 bulan dan produksi bunga pada 5 bulan setelah tanam. Terdapat interaksi nyata antara konsentrasi dan interval pemberian triakontanol pada panjang tangkai dan lama peragaan bunga. Data panjang tangkai dan lama peragaan bunga yang menunjukkan kualitas bunga, nyata lebih tinggi pada pemberian triakontanol dari pada yang tanpa pemberian. Produksi dan kualitas bunga mawar Tinneke dapat diperbaiki dengan pemberian 150 ppm triakontanol mulai 3 minggu sesudah tanam sebanyak tiga kali dengan interval 10 hari. Hasil penelitian ini akan menguntungkan pengguna melalui peningkatan produksi dan kualitas bunga mawar potong sebab triakontanol termasuk zat pengatur tumbuh yang murah dan mudah didapat. Kata Kunci : Rosa hibrida, Zat pengatur tumbuh; Taraf aplikasi; Bunga potong

jh072-673-677-pemberian-triakontanol-perbaikan-hasil-kualitas-bunga-mawar.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.92.190.11

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun