Pengaruh Lingkungan Tumbuh dan Pemberian Kalium Nitrat terhadap Hasil Bunga Melati


Penulis : Satsijati, Sri Wuryaningsih, dan Jaka Prasetya | Tahun 1997  

Penelitian bertujuan untuk menentukan dosis dan cara pemberian KNO3 serta lingkungan tumbuh yang tepat terhadap hasil bunga melati. Penelitian dilaksanakan di Kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Hias Jakarta, dari bulan Mei 1995 sampai Oktober 1996. Percobaan disusun berdasarkan rancangan petak- petak terpisah dengan 3 ulangan. Petak utama faktor lingkungan yaitu penanaman di dalam rumah kasa dan tempat terbuka. Anak petak, taraf KNO3 : 0,30 dan 60 g/pot/ tahun dan anak- anak petak, interval pemberian KNO3 : setiap 2,3, dan 4 bulan. Bibit yang digunakan adalah stek Jasminum sambac "Made of Orleans" berumur 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman melati di tempat terbuka menghasilkan bobot, jumlah bunga dan hasil bunga total nyata lebih tinggi dibanding dengan di dalam rumah kasa baik pada musim hujan maupun kemarau. Terdapat interaksi nyata antara faktor lingkungan dan taraf pupuk KNO3, faktor lingkungan dan interval pemberian pupuk KNO3 serta antara interval dan taraf pemberian pupuk KNO3 terhadap bobot dan jumlah bunga total melati selama satu tahun. Penenaman melati di tempat terbuka dan pemberian KNO3 30 g/pot/ tahun dan 85,9% terhadap kontrol.Di tempat terbuka, perlakuan pemberian pupuk KNO3 setiap tiga bulan menghasilkan bobot bunga dengan kisaran 5128 - 5733 kuntum/kg dibanding dalam rumah kasa yang kisarannya 6.089 - 6.257 kuntum/kg. Hal ini berarti bahwa budidaya melati di tempat terbuka menghasilkan ukuran kuntum lebih besar daripada dalam rumah kasa. Pemupukan KNO3 dengan takaran 60 g/pot/ tahun dan interval pemberian 3 bulan sekali menghasilkan bobot bunga lebih tinggi yaitu 35,5 % terhadap takaran 30 g/pot/tahun dan 116,3% terhadap kontrol. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa Jasminum sambac dapat diatur pola produksinya. Namun demikian dalam implikasinya masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan pola produksi bunga melati berdasarkan umur tanaman dan lingkungan tumbuh yang berbeda. Kata kunci : Jasminum sambac; KNO3; Rumah kasa ; Hasil bunga.

jh072-660-672-pengaruh-lingkungan-tumbuh-pemberian-kalium-nitrat-hasil-bunga-melati.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.82.57.154

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun