Deteksi Penyebab Gejala Mosaik dan Ringspot pada Tanaman Anggrek Menggunakan Teknik Elisa


Penulis : Indijarto Budi Rahardjo, Agus Muharam dan M. Prama Yufdy | Tahun 2012  

Anggrek (Famili : Orchidaceae) merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Salah satu kendala peningkatan produksi bunga anggrek adalah adanya penyakit sistemik yang disebabkan oleh virus. Tanaman anggrek dapat terinfeksi lebih dari 30 jenis virus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis virus yang menyebabkan gejala mosaik dan ringspot pada tanaman anggrek. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Virologi Balai Penelitian Tanaman Hias di Segunung, Cianjur, Jawa Barat, pada bulan Januari sampai Juni 2008. Sampel diperoleh dari tanaman anggrek bergejala mosaik dan ringspot di Kebun Percobaan Segunung (Jawa Barat) (1.100 m di atas permukaan laut) sebanyak 39 sampel. Kontrol positif (CyMV, ORSV dan CyRSV) berasal dari sampel kit perusahaan DSMZ Jerman, sedangkan kontrol negatif dari tanaman anggrek sehat asal biji. Metode deteksi menggunakan teknik ELISA tidak langsung : Plate ELISA diisi dengan ekstrak sampel (1:5), "Blocking", Antiserum dengan pengabsorb (1:500) (antiserum yang digunakan adalah antiserum CyMV, ORSV dan CyRSV, Anti-rabit alkaline phosphatase conjugate (1:5000), Substrate, Pembacaan hasil dengan ELISA Reader pada panjang gelombang 410 nm. Hasil penelitian menunjukkan dari 39 sampel tanaman anggrek yang diuji, terhadap antiserum CyMV terdapat 25 tanaman yang positif, terhadap antiserum ORSV terdapat 4 tanaman yang positif, terhadap antiserum CyRSV terdapat 6 tanaman yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat tanaman anggrek yang bergejala mosaik dan ringspot terinfeksi CyMV, ORSV dan CyRSV. Perlu dilakukan pengujian deteksi virus pada tanaman anggrek dengan sampel yang lebih banyak, menggunakan antiserum yang lebih banyak sehingga diketahui jenis-jenis virus yang menginfeksi tanaman anggrek.

Kata kunci: Orchidaceae, Gejala mosaik, Gejala Ringspot, Virus, Deteksi, Teknik ELISA.

pf2012-267-274-deteksi-penyebab-gejala-mosaik-ringspot-tanaman-anggrek-teknik-elisa.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.100.134

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun