Metode Pengujian Ketahanan Phalaenopsis Hasil Silangan F1 Terhadap Infeksi Erwinia Carotovora Subsp. Carotovora Secara In Vitro


Penulis : Ika Rahmawati, Herni Shintiavira, dan M. Prama Yufdy | Tahun 2012  

Di Indonesia, Phalaenopsis dibudidayakan dan dikembangkan secara konvensional sehingga kendala penyakit busuk lunak yang disebabkan oleh Erwinia carotovora subsp carotovora belum dapat teratasi dengan pembentukan kultivar tahan karena sumber genetik ketahanan tersebut tidak tersedia. Dalam proses perbaikan tanaman untuk memperoleh genotipe Phalaenopsis yang resisten terhadap Erwinia ini membutuhkan metode inokulasi yang efektif untuk penapisan plasma nutfah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi efektifitas metoda inokulasi Erwinia carotovora subsp carotovora dan kerapatan bakteri untuk menginduksi timbulnya infeksi penyakit busuk lunak pada bibit Phalaenopsis serta (2) mengevaluasi respon empat genotipe Phalaenopsis silangan terhadap infeksi Erwinia carotovora subsp carotovora secara in-vitro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inokulasi yang cukup efektif adalah menggunakan metode pelukaan dengan kerapatan bakteri 107 cfu/ ml. Pada kerapatan bakteri 107 cfu/ml sudah efektif untuk menginfeksi lebih dari 50% plantlet secara in-vitro. Metode infeksi di lapang yang paling sesuai adalah menggunakan pelukaan namun membutuhkan ruang inkubasi tertutup. Respon plantlet ke empat hasil silangan Phalaenopsis sangat rentan pada 508 dan 655, dan rentan pada 529 dan 688.

Kata kunci: penyakit busuk lunak, resistensi, metode inokulasi, Phalaenopsis.

pf2012-244-256-metode-pengujian-ketahanan-phalaenopsis-hasil-silangan-f1-infeksi-erwinia-carotovora-carotovora-in-vitro.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.209.201

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun