Studi Kasus Teknologi Budidaya Anggrek Dendrobium di Esties's Orchid, Depok-Jawa Barat


Penulis : Ika Rahmawati, Herni Shintiavira, dan M. Prama Yufdy | Tahun 2012  

Dendrobium merupakan anggrek yang digemari oleh konsumen dan petanipengusaha bunga karena warna dan bentuknya yang sangat bervariasi dan menarik. Sebagai komoditas hortikultura unggulan, anggrek ini juga menjadi produk unggulan pada beberapa nursery, salah satunya Esties's orchid. Selanjutnya untuk mendapatkan anggrek yang berkualitas, teknologi budidaya yang efektif dan efisien juga diterapkan oleh nursery ini. Studi kasus di Esties's orchid ini bertujuan untuk menggali dan mendapatkan informasi teknologi budidaya anggrek yang diterapkan di Esties's orchid. Metode yang digunakan adalah metode survei. Hasil studi mengungkapkan bahwa budidaya Dendrobium di Esties's orchid dimulai dari pembelian bibit, aklimatisasi, pembesaran bibit hingga pembungaan, pemupukan, pemeliharaan, pengendalian hama penyakit hingga pasca panennya. Aklimatisasi dilakukan dengan menanam bibit di media sabut kelapa pada tray plastik, media tanam menggunakan campuran pakis dan daun kaliandra yang diwadahi dalam pot-pot tanah. Pemupukan menggunakan NPK seimbang, seminggu 2 kali dengan dosis 1/4 kali dosis anjuran. Secara bertahap dosis pemupukan ditingkatkan. Pada stadia remaja- jelang berbunga, diberikan pupuk NPK dengan unsur phosphor dan kalium yang lebih banyak daripada unsur nitrogennya. Pupuk-pupuk ini diberikan dengan cara dicairkan dan disemprot ke daun. Pestisida yang digunakan untuk pengendalian tungau bahan aktif abamectin, untuk siput berbahan aktif metaldehida dan untuk serangga berbahan aktif imidakloprid. Penjualan bibit dilakukan baik saat stadia seedling, remaja mapun individu berbunga.

Kata kunci: Dendrobium, Teknologi Budidaya, Esties's orchid.

pf2012-235-243-studi-kasus-teknologi-budidaya-anggrek-dendrobium-esties-orchid-depok-jawa-barat.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.166.141

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun