Perbanyakan Anggrek Phalaenopsis dan Paraphalaenopsis Spesies dengan Semai Biji Secara In Vitro untuk Tujuan Koleksi dan Konservasi


Penulis : Debora Herlina | Tahun 2012  

Perbanyakan anggrek Phalaenopsis dan Paraphalaenopsis spesies dengan biji telah dilakukan dengan tujuan untuk mengoleksi dan mengkonservasi anggrek spesies mempunyai nilai komersial dan keberadaan di alam aslinya sudah jarang, baik yang berasal dari Indonesia maupun luar Indonesia. Koleksi yang berupa tanaman induk dikawinkan kemudian buah yang terbentuk disemai secara in vitro. Media MS atau Knudson C yang ditambah dengan air kelapa 150 ml/l, air kentang (65 g/l air) dan pepton 1g/l digunakan sebagai media semai biji. Dari hasil penelitian ini sudah terkoleksi 32 spesies Phalaenopsis dan 3 spesies Paraphalaenopsis, 25 spesies bunganya diserbukan dan 24 spesies buahnya berhasil dipanen dan disemai. Kemasakan buah berkisar dari 3 sampai 7 bulan setelah penyerbukan. Tidak semua spesies yang bunganya berhasil diserbukan membentuk buah maupun biji. P. gigantea, P. bellina, P. violacea Sumatra, P. modesta, P. manii dan P. venosa biji berkecambah dengan sangat baik pada media yang digunakan.

Kata kunci: Phalaenopsis, Paraphalaenopsis, Spesies,Perbanyakan, Invitro, Konservasi.

pf2012-181-193-perbanyakan-anggrek-phalaenopsis-paraphalaenopsis-spesies-semai-biji-in-vitro-tujuan-koleksi-konservasi.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.100.134

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun