Pengaruh Komposisi Media dan Methylobacterium sp. Terhadap Perkembangan Protocorm-Like Body (plb) Phalaenopsis violacea dan Phalaenopsis amboinensis


Penulis : Debora Herlina dan Dewi Pramanik | Tahun 2012  

Perbanyakan anggrek Phalaenopsis spesies untuk tujuan konservasi dilakukan dengan biji. Perbedaan spesies ternyata membutuhkan komposisi yang berbeda untuk berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi media terbaik untuk perkembangan protocorm agar dapat menjadi plantlet yang sempurna. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan Balai Penelitian Tanaman Hias, Segunung. Bahan tanaman yang digunakan adalah protocorm dari hasil semai biji Phalaenopsis violacea dan Phalaenopsis amboinensis. Media yang digunakan adalah modifikasi dari media MS dan Knudson C. Penambahan Methylobacterium sp. pada media digunakan untuk tujuan memacu protocorm untuk dapat menjadi plantlet pada P. amboinensis. Hasil penelitian menunjukan bahwa sub kultur pertama merupakan periode kritis untuk pertumbuhan protocorm, media 1/2 MS dengan penambahan air kentang, pepton 1g/l tanpa arang aktif merupakan media terbaik untuk sub kultur pertama dan untuk subkultur selanjutnya sampai plantlet media yang sesuai adalah media 1/2 MS yang ditambahkan arang aktif 1g/l. Methylobacterium sp. tinggi Giberelin Strain TD-Tpb3 dan Methylobacterium sp .tinggi sitokinin Strain TD-J2 dapat digunakan sebagai bahan alternatif yang ditambahkan pada media untuk proliferasi kalus dan mendorong terjadinya plantlet pada P. amboinensis.

Kata kunci: Phalaenopsis violacea, Phalaenopsis amboinensis, media, protocorm-like body (plb), dan Methylobacterium sp.

pf2012-169-180-pengaruh-komposisi-media-methylobacterium-perkembangan-protocorm-like-body-violacea-phalaenopsis-amboinensis.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.209.201

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun