Analisa Penilaian Kompetitif terhadap Persyaratan Konsumen dan Teknik pada Pengembangan Dendrobium Bunga Potong


Penulis : Nur Qomariah Hayati | Tahun 2012  

Dendrobium merupakan salah satu anggrek penting dengan nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen pengguna varietas Dendrobium maka pengembangan varietas baru diarahkan untuk menghasilkan varietas yang sesuai dengan preferensi konsumen, agar resiko kegagalan produk dapat ditekan serendah mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut persyaratan (1) konsumen dan (2) teknis produsen yang dinilai kompetitif dalam pengembangan Dendrobium bunga potong. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Metode Analisis data yang digunakan adalah metode analisis Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 atribut persyaratan konsumen Dendrobium bunga potong yang dinilai kompetitif oleh konsumen adalah: (a) produktivitas tinggi, panjang malai bunga, jumlah kuntum bunga, kemudahan memproduksi bunga untuk nilai keunggulan; (b) panjang tangkai bunga dinilai sama baik; (c) umur hibrida dinilai cukup baik; (d) kemudahan memperoleh bibit, ketahanan terhadap hama dan penyakit, dan harga beli benih dinilai kurang baik. Sedangkan untuk persyaratan teknik yang dinilai unggul terkait dengan jumlah pseudobulb atau umbi produktif per tanaman, jumlah kuntum bunga per tangkai dan teknologi budidaya anggrek; (b) panjang malai bunga, panjang tangkai bunga, penilaian karakter dan kualitas bunga dinilai sama baik; (c) teknologi kultur jaringan dinilai cukup baik; (d) teknologi perbaikan varietas tanaman tahan hama dan penyakit (uji lanjut), sistem informasi handal, hubungan kerjasama antara lembaga penelitian dengan pelaku usaha dinilai tidak baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam perbaikan kualitas varietas unggul baru Dendrobium yang akan dikembangkan yang sesuai dengan keinginan konsumen dan kemampuan teknis produsen.

Kata kunci: Persyaratan konsumen dan teknis, perbaikan kualitas, dan Dendrobium bunga potong.

pf2012-129-141-analisa-penilaian-kompetitif-persyaratan-konsumen-teknik-pengembangan-dendrobium-bunga-potong.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 3.80.218.53

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun