Persilangan Interspesifik dan Intergenerik Anggrek Phalaenopsis Untuk Menghasilkan Hibrid Tipe Baru


Penulis : Budi Marwoto, Dedeh S. Badriah, Minangsari Dewanti, dan Lia Sanjaya | Tahun 2012  

Sejak puluhan tahun lalu kegiatan pemuliaan Phalaenopsis dilakukan melalui persilangan antar varietas dengan menggunakan kelompok tetua yang sama. Hal ini menyebabkan variasi genetik hibrid yang dihasilkan makin terbatas. Hibrid tipe baru dapat diciptakan melalui persilangan antar spesies dan genera yang memiliki karakter unik. Namun persilangan interspesifik dan intergenerik tidak mudah dilakukan karena terdapat barier genetik yang disebabkan oleh abnormalitas proses meiosis dan ketidakserasian antara tepungsari dan kepala putik antar tetua jantan dan betina. Di dalam penelitian ini dilakukan persilangan interspesifik dan intergenerik Phalaenopsis dengan tujuan mengetahui keserasian genetik antar tetua persilangan. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan untuk merakit hibrid tipe baru yang sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Desember 2010 di rumah kaca dan laboratorium Balai Penelitian Tanaman Hias, Cipanas-Jawa Barat. Materi genetik yang digunakan sebagai tetua persilangan terdiri atas spesies, hibrid primer, hibrid sekunder dan hibrid tingkat lanjut (hibrid komersial) Phalaenopsis. Cakupan penelitian meliputi koleksi tetua persilangan, karakterisasi koleksi tetua, persilangan antar tetua, pengecambahan biji, pembentukan plb (protocrom like bodies), regenerasi planlet dan aklimatisasi. Persilangan antar spesies dan genera Phalaenopsis dilakukan di dalam rumah kaca dengan meletakkan tepungsari tetua jantan ke kepala putik tetua betina. Biji F1 dikecambahkan pada media Vaccin dan Went. Plbs yang dihasilkan kemudian diregenerasikan hingga menjadi planlet pada media yang diberi auksin dan sitokinin. Planlet yang tumbuh selanjutnya dipelihara hingga siap diaklimatisasikan di dalam rumah kaca. Sebanyak 147 persilangan antar spesies dan genera Phalanopsis telah dilakukan di dalam penelitian ini, 102 persilangan menghasilkan buah dan 45 silangan tidak menghasilkan buah (aborsi). Buah yang dihasilkan ternyata tidak selalu dapat bertahan hingga matang fisiologis, bahkan sebagian buah yang diketahui telah masak fisiologis ternyata tidak mengandung biji. Sebanyak 11.03 % persilangan saja yang menghasilkan buah matang fisiologis dan menghasilkan biji, sedang sisa buah lainnya mengalami kerontokan pada umur 1-3 bulan. Plb dan planet dari berbagai persilangan interspesifik dan intergenerik Phalaenopsis telah dihasilkan dan sebagian planlet telah diaklimatisasikan di dalam rumah kaca.

Kata kunci: Phalaenopsis, hibrid, tipe baru, persilangan interspesifik, persilangan intergenerik, keserasian genetik.

pf2012-101-116-persilangan-interspesifik-intergenerik-anggrek-phalaenopsis-hibrid.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 23.22.240.119

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun