Penyusunan Ideotipe Anggrek Dendrobium, Phalaenopsis dan Vanda


Penulis : Anggraeni Santi Setyawati, Suskandari Kartikaningrum, Nurmalinda dan Nur Qomariah Hayati | Tahun 2012  

Ideotipe digambarkan atas dasar karakteristik morfologi, namun sebagian besar berhubungan dengan fungsi fisiologis. Tipe ideal merupakan suatu parameter yang diinginkan oleh konsumen atas dasar observasi permintaan pasar atau preferensi konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk menetapkan ideotipe anggrek Dendrobium, Phalaenopsis, dan Vanda. Konsep awal ideotipe saat ini selain disusun berdasarkan karakteristik klon unggul Dendrobium, Phalaenopsis dan Vanda yang berdasarkan Spesifikasi Mutu Bunga Anggrek menurut SNI 01-3171-1995 dengan persyaratan kelas I; preferensi konsumen; juga berdasarkan acuan Ideotipe tanaman lain terutama ditujukan pada karakter hasil dan komponen hasil yang berkorelasi langsung maupun tak langsung dengan fungsi fisiologis tanaman. Materi yang digunakan untuk uji adalah Dendrobium, Phalaenopsis dan Vanda. Untuk Dendrobium dan Phalaenopsis perlakuannya adalah (1) Sudut daun < 45 derajat dan sudut daun > 45 derajat. Untuk kelompok Vanda (bunga potong), perlakuan adalah pada bentuk daun yaitu semi teret (Mokara Chark Kuan) dan Vanda daun (Vanda Robert Delight). Setiap perlakuan menggunakan 20 tanaman. Analisis dilakukan terhadap klorofil dan gula total masing-masing 10 tanaman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anggrek Dendrobium Airy Beauty dengan sudut daun < 45 derajat memiliki efisiensi proses fotosintesis yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggrek Dendrobium Jade Green dengan sudut daun > 45 derajat. Anggrek Mokara Chark Kuan (semi teret) memiliki efisiensi proses fotosintesis yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggrek Vanda Robert Delight (Vanda daun). Anggrek Phalaenopsis dengan sudut daun > 45 derajat memiliki efisiensi proses fotosintesis yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggrek Phalaenopsis dengan sudut daun < 45 derajat.

Kata kunci: Idiotipe, Dendrobium, Vanda, Phalaenopsis, Fotosintesis.

pf2012-086-100-penyusunan-ideotipe-anggrek-dendrobium-phalaenopsis-vanda.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.166.141

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun