Inovasi Teknologi Perbanyakan In Vitro dan Kultur Meristem Mendukung Tersedianya Bibit Bermutu Anggrek Secara Berkelanjutan


Penulis : Budi Winarto | Tahun 2012  

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam anggrek yang besar, namun pemanfaatan dan pengembangannya belum maksimal. Dampaknya produk-produk anggrek luar negeri (khususnya bibit berkualitas) banyak mendominasi kegiatan agribisnis anggrek di Indonesia. Kondisi ini harus disikapi dan diupayakan solusi terbaiknya agar kemajuan agribisnis anggrek berbasis produk-produk dalam negeri dapat berkembang lebih baik. Inovasi teknologi perbanyakan in vitro dan kultur meristem merupakan solusi terbaik untuk mengurangi dominasi produk luar negeri yang ada di Indonesia dan menngantikannya dengan produk Nasional. Pengembangan inovasi teknologi perbanyakan in vitro pada Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda dan jenis anggrek dalam mendukung tersedianya bibit bermutu anggrek secara berkelanjutan, dalam jumlah yang besar, stabil, seragam dalam waktu yang singkat telah dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Hias sejak beberapa tahun yang lalu hingga saat ini. Berbagai inovasi teknologi perbanyakan cepat anggrek via aplikasi teknologi kultur jaringan yang telah dikembangkan meliputi: induksi dan proliferasi tunas aksiler dan adventif, induksi dan proliferasi kalus organogenik dan embriogenik dalam bentuk protocorm-like body (plb) dan embrio. Sejak tahun 2010 aplikasi bioreactor dalam perbanyakan bibit anggrek berkualitas sudah berhasil diaplikasikan dan mulai tahun 2012 pengembangan kultur meristem untuk mendapatkan bibit anggrek yang berkualitas, stabil, seragam dan bebas virus dikembangkan di Balithi. Inovasi teknologi kultur in vitro tersebut diharapkan dapat menjadi motor penggerak yang optimal dalam penyediaan bibit anggrek berkualitas yang berkelanjutan dan tumbuhnya perusahaan bibit anggrek di Indonesia. Kemudian kerjasama yang baik seluruh pelaku agribisnis anggrek dan pemerintah juga sangat diperlukan untuk membantu mewujudkan tujuan mulia tersebut.

Kata kunci: Kultur jaringan, bibit berkualitas, kultur meristem dan anggrek.

pf2012-041-061-inovasi-teknologi-perbanyakan-in-vitro-kultur-meristem-tersedianya-benih-bermutu-anggrek-berkelanjutan.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.166.141

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun