Koleksi, Karakterisasi dan Pemanfaatan Beberapa Spesies Bunga Potong Tropis


Penulis : Debora Herlina | Tahun 2011  

Koleksi, karakterisasi dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman tropis memiliki aspek yang penting dalam pengembangan bunga potongnya. Sejak tahun 2003 sudah dikoleksi sejumlah spesies dan varietas bunga tropis dari famili Zingiberaceae, Costaceae and Marantaceae dan ditanam di kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Hias di Segunung, Cianjur, Jawa Barat. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan plasma nutfah yang ada, karakterisasi dan pengamatan karakter morfologi diperlukan untuk mengetahui sifat unggul yang berguna dalam program pemuliaan. Dipelajari pula Teknologi budidaya standard pada tanaman yang sudah dilepas. Bahan tanaman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 spesies dari genus Zingiber, 4 spesies dari genus Etlingera, 5 spesies dari genus Alpinia, 5 spesies dari genus Curcuma, 2 spesies dari genus Hedychium, 5 spesies dari genus Costus, 2 varietas dari genus Tapeinochillos, 4 spesies dari genus Calathea, 1 spesies dari genus Pleiostachya. Evaluasi karakter morfologi dibuat berdasarkan Sistem Evaluasi Standar pada tanaman jahe yaitu tinggi tanaman, panjang dan lebar daun, panjang dan diameter braktea, warna batang, daun dan braktea, bunga biologi, susunan daun juga posisi braktea. Hasil penelitian menunjukan telah terkarakterisasi 18 spesies dari famili Zingiberaceae dan Costaceae dan 7 varietas telah dirilis yaitu Zingiber spectabile ‘Silvana’, Tapeinochilos ananassae ‘Sekar Manise’ dan ‘Sekar Souli’, Alpinia purpurata ‘Fatra’, ‘Kusuma’, ‘Bethari’ dan ‘Amorina’. Zingiber spectabile ,Tapeinochilos ananassae, Alpinia purpurata ‘Kusuma’ dan ‘Bethari’ sudah digunakan dalam program pemuliaan. Hibridisasi antara Alpinia purpurata ‘Kusuma’ dan ‘Bethari’ dapat menghasilkan biji. Telah dihasilkan pula teknologi budidaya standar pada tanaman yang sudah di rilis. Kata kunci : tanaman tropis, koleksi, karakterisasi, pemanfaatan

pf2011-174-188-koleksi-karakteristik-pemanfaatan-spesies-bunga-potong-tropis.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.123.74

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun