Produktivitas dan Kualitas Mawar Bunga Potong Varietas Unggul Balithi pada Teknologi Budidaya di Lahan Terbuka


Penulis : Rahayu Tejasarwana, Darliah dan Muchdar Soedarjo | Tahun 2011  

Mawar bunga potong di Indonesia memilki produktivitas dan kualitas yang masih rendah. Produktivitas dan kualitas mawar bunga potong perlu ditingkatkan dengan menggunakan kultivar mawar rakitan dalam negeri dan teknologi budidaya di lahan terbuka. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kultivar mawar yang produktivitas dan kualitasnya tinggi. Penelitian diselenggarakan di lahan terbuka petani desa Poncokusumo, kec. Poncokusumo, kab. Malang Jawa Timur, 900 m di apl pada bulan Juni-Oktober tahun 2010. Percobaan menggunakan rancangan acak kelompok pola faktorial terdiri dari dua faktor dan diulang tiga kali. Faktor pertama yaitu kultivar Megaputih, Clarissa, Putri, dan Megawati. Faktor kedua adalah teknologi budidaya mawar bunga potong yang diadopsi dari 3 sumber teknologi yaitu 1. Teknologi Budidaya Balithi, 2. Teknologi Budidaya PT Adi yang dimodifikasi, dan 3. Teknologi Budidaya Petani Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultivar Putri memberikan pertumbuhan tangkai bunga terbaik dengan panjang 32,97 cm, diameter tangkai bunga 3,83 mm, dan produksi bunga tertinggi 12,7 tangkai/petak/4 bulan. Kombinasi perlakuan kultivar Megaputih dan teknik budidaya PT Adi memberikan jumlah lembar mahkota bunga/kuntum yang tertinggi (87,44 lembar). Kombinasi perlakuan kultivar Putri dan teknik budidaya Balithi memberikan jumlah lembar bunga/kuntum tertinggi (22,10 lembar) dibandingkan teknik budidaya lainnya. Implikasinya adalah beberapa kultivar mawar dan teknologi budidaya mawar bunga potong Balithi dapat digunakan di lahan terbuka. Kata Kunci : Rosa hybrida L., kultivar, produktivitas, kualitas, teknologi budidaya.

pf2011-132-146-produktivitas-kualitas-mawar-potong-varietas-unggul-teknologi-budidaya-lahan-terbuka.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.209.201

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun