Penggunaan bahan alternatif dalam media kultur pada perbanyakan protocorm anggrek Dendrobium spectabile secara in vitro


Penulis : Nuraini, E. Hamidin, and Wieny H.Rizky | Tahun 2011  

diterapkan untuk menyiasati tingginya biaya operasional dalam perbanyakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan komposisi dari media alternatif in vitro yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan protocorm anggrek Dendrobium spectabile. Percobaan dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dari November 2010 hingga Januari 2011. Protocorm anggrek Dendrobium spectabile digunakan sebagai bahan kultur dalam percobaan ini. Perlakuan terdiri dari beberapa kombinasi antara media pupuk hyponex pada konsentrasi 1 g/l dan 2 g/l dengan bahan organik yakni ekstrak ragi pada konsentrasi 1 g/l; 1.25 g/l; dan 1.5 g/l dan bubur ubi jalar pada konsentrasi 50 g/l, 100 g.l, dan 150 g/. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 12 perlakuan 3 ulangan. Hasil dari percobaan menunjukan bahwa media pupuk daun hyponex pada konsentrasi 1 g/l yang dikombinasikan dengan ekstrak ragi pada konsentrasi 1 g/l dan 1.25 g/l mengindikasikan jumlah daun, tinggi planlet, jumlah akar, panjang akar, dan bobot segar planlet yang lebih tinggi dibandingkan dengan media perlakuan lainnya.

pf2011-081-090-growth-development-dendrobium-spectabile-orchid-protocorm-various-combination-alternative-media-invitro.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.92.190.11

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun