Analisis Kandungan Escherichia coli dan Salmonella sp. dalam Sabut Kelapa sebagai Media Tumbuh Tanaman Hias


Penulis : Hanudin 1, VV. Nuryani 1, dan Sutyastuti 2 | Tahun 2004  

Sabut kelapa adalah bahan limbah tanaman yang mudah diperoleh, diketahui mempunyai sifat fisiko kimia yang cocok untuk media tumbuh tanaman hias. Sejauh ini penggunaan sabut kelapa sebagai media tumbuh tanaman belum digunakan secara luas, mengingat belum memenuhi standar intemational industri tanaman hias. Australian Quarantine Inspection menentukan persyaratan bahwa, media sabut kelapa harus bebas patogen terutama Escherichia coli dan Salmonella sp., yang patogenik terhadap manusia dan hewan. Untuk menganalisis kandungan mikrobe patogenik pada sabut kelapa digunakan bakteri coliform sebagai indikator. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kandungan E. coli, Salmonella sp. dan bakteri lainnya pada sabut kelapa yang akan digunakan untuk media tumbuh tanaman hias. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium, Balai Penelitian Veteriner Bogor. Sejak Mei sampai Desember 2002. Di dalam penelitian ini contoh spesimen dibagi tiga bagian, kemudian dimasukan ke dalam labu Erlenmeyer ukuran 250 ml. Masing- masing labu diberi label perlakuan sebagai berikut : A = 10 g Serbuk Sabut Kelapa + 180 ml Buffered peptone water (BPW - Oxoid, 1982) = S2K., B = 10 g Serbuk & Serat Sabut Kelapa + 180 ml BPW - Oxoid (1982) = S3K., C = I0 g Serbuk &. Serat Sabut Kelapa + 180 ml BPW - Oxoid (1982) dan diinfestasikan masing-masing 1 ml suspensi E. coli dan Salmonella sp. = S3K plus. Kerapatan mikrobe yang digunakan adalah 10 8 colony forming unit (cfu)/ ml suspensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sabut kelapa tidak mengandung E. coli, dan Salmonella spp.,. Namun di dalam sabut kelapa ditemukan kuman yang mirip E. coli yaitu Klebsiella sp., Pseudomonas sp., dan Citrobacter sp dan Bacillus circularis, B. megaterium, dan B. firmus. Berdasarkan kriteria AS Standar 1776.5.2.1, most probable number pada perlakuan tersebut berturut-turut adalah 0,7; 4,6; dan > 480 chu/ g. Kata Kunci : Medium Tumbuh Tanaman Hias, Sabut Kelapa, Analisis mikroorganisma, Escherichia coli, Salmonella

jh145-442-446-studi-diagnostic-ekxploratif-perkembangan-tanaman-hias-potensial.pdf

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.123.74

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun