Kemampuan Regenerasi Daun pada Dua Jenis Tanaman Sansevieria yang Berdaun Variegata


Penulis : Sulianti, S.B. | Tahun 2004  

Tanaman Sansevieria biasanya dibudidayakan melalui stek daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan regenerasi stek daun 2 jenis lidah mertua berdaun variegata, yaitu S. grandis hahnii dan S. tryasciata laurentii dibawah pengaruh zat pengatur tumbuh IBA (indole butyric acid). Bagian potongan stek daun direndam selama 24 jam bahan induksi IBA diberikan masing-masing dengan konsentrasi 100 ppm dan kemudian ditanam pada media pasir steril dengan menggunakan rancang acak kelompok. Kemampuan regenerasi diamati setiap bulan selama 3 bulan. Hasil penelitian terlihat bahwa kedua jenis menghasilkan tunas yang anakan berdaun hijau 19,44% akan tumtbuh sebagai S grandis, dan sebagian besar 80,56% tunas berwama kuning. Pada stek daun S. Irifasciata laurentii hanya 0,57% tunas variegata seperti induknya, kemudian 88,82% tunas barwarna hijau akan tumbuh menjadi tanaman S trifasciata dan tunas yang berwama kuning 8,03% juga tidak dapat bertahan hidup. Hasil uji statistik menunjukan setiap perlakuan memberikan perbedaan yang signifikan untuk setiap perlakukan (p < 0,5). Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil anakan stek dari kedua jenis Sansevieria tidak menghasilkan anakan yang sama dengan induknya, sehingga cara perbanyakan melalui stek tidak bisa digunakan untuk S. grandis hahnii dan S.trifassciata laurentii. Kata Kunci :Sansevieriaceae, S. grandis hahnii, S Tryasciata laurentii, zat pengatur tumbuh, IBA, stek daun.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.234.45.10

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun