Evaluasi Insektisida Nabati terhadap Hama Palpita unionalis pada Tanaman Melati


Penulis : Maryam Abn, T.R. Omoy dan T. Mulyana | Tahun 2004  

Suatu penelitian untuk mengevaluasi keefektifan insektisida nabati terhadap P. unionalis telah dilaksanakan di laboratorium Entomologi dan kebun percobaan Balithi Segunung. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu (1) Pengujian keefektifan insektisida nabati terhadap Palpita unionalis di laboratorium dan (2) Pengujian lapangan efikasi insektisida nabati terhadap P. unionalis. Jenis-jenis insektisida nabati yang diuji yaitu 10 jenis bahan tumbuhan yang telah diketahui atau diduga mengandung bahan yang bersifat insektisidal, yaitu biji srikaya (Annona squamosa), biji buah nona (A. reticulata), biji sirsak (A. muricata), daun neem (Azadirachta indica), biji mahoni (Swietenia macrophylla), daun suren (Toona sureni), daun Ki pait (Tithonia diversifolia), daun tembakau (Nicotiana tabacum), daun Lantana camara dan kulit batang kina (Chincona sp.). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan 10 jenis insektisida nabati sebagai perlakuan dengan tiga ulangan. Hasilnya menunjukkan bahwa biji srikaya, biji buah nona dan biji sirsak paling efektif terhadap P. unionalis baik di laboratorium maupun di lapang. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah altematif pengendalian hama disamping cara yang sudah ada untuk menunjang pengembangan PHT pada tanaman melati. Kata kunci: Jasminum sp, Palpita unionalis, Hama melati, insektisida nabati.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.166.141

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun