Perbanyakan Cepat Batang Bawah Mawar Bebas Virus secara in-vitro


Penulis : Diningsih, E., Y. Sulyo, Darliah | Tahun 2004  

Mawar merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang diprioritaskan pengembangannya di Indonesia. Sebagian besar tanaman mawar sudah terinfeksi PNRSV (Prunus Necrotic Ringspot Virus). Sumber utama penularan adalah Rosa multiflora yang digunakan sebagai batang bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh metode pembebasan virus pada batang bawah mawar secara in vitro. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Virologi, Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung, Cianjur, Jawa Barat, (1.100 m dpl) dari bulan Januari 2002 sampai dengan Desember 2002. Eksplan yang digunakan adalah tangkai batang bawah mawar yang mengandung satu mata tunas yang sudah terinfeksi PNRSV. Pembebasan batang bawah dari infeksi virus dilakukan melalui kegiatan subkultur berulang pada media MS + 1.0 ppm BAP + 0,01 ppm TDZ, yang merupakan media terbaik hasil pra perlakuan. Metode serologi DAS ELISA digunakan untuk mengguji eksplant dan plantlet yang sudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa planlet hasil subkultur ke- 4 masih terinfeksi virus sekitar 80% pada kultivar R. multyiora, 40 % pada Rosa sp. kultivar Multic dan Natal Brior. Infeksi menurun sekitar 20% pada semua kultivar yang digunakan setelah dilakukan subkultur sebanyak 6 kali. Pada R. multiflora dan kultivar Natal Brior infeksi menjadi 0 % setelah disubkultur sebanyak 8 kali, sedangkan kultivar Multic masih terinfeksi sekitar 20 %. Kata kunci : Rosa multylora, Batang bawah, virus, PNRSV, kultur in vitro.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.123.74

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun