Pengujian Pertumbuhan dan Stabilitas Genetik 21 Klon Harapan Lili (Lilium longyflorum)


Penulis : Sanjaya, L., B. Marwoto, Y. Supriyadi, E. Febrianty | Tahun 2004  

Lilium longyflorum merupakan tanaman hias penghasil bunga potong yang populer di dunia. Budidaya lili meng- hadapi kendala berupa ketergantungan terhadap benih impor yang harganya sangat mahal. Selain itu varietas lili yang diimpor tidak adaptif dan rentan terhadap penyakit busuk umbi yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp. lilii. Dalam upaya melestarikan budidaya lili di Indonesia, maka perakitan varietas unggul lokal perlu mendapat prioritas penelitian. Perakitan varietas unggul lili lokal telah dilakukan pada tahun 1999 melalui proyek RUT Vll. Persilangan antara L. longyflorum lokal dengan Lilium Oriental dan Lilum asiatik menghasilkan populasi F1 di antaranya ditemukan klon-klon harapan yang memiliki karakter unggul, yaitu tahan terhadap penyakit busuk umbi dan tipe bunga novel. Agar dapat dilepas, klon-klon harapan tersebut perlu dievaluasi pertumbuhan dan adaptasinya. Penelitian adaptasi lili telah dilakukan di tiga lokasi di Cipanas tahun 2002 dengan altitude yang berbeda, yaitu 900 m dpl, 1000 m dpl dan ll00 m dpl. Perlakuan pada setiap tempat disusun menggunakan rancangan acak kelompok. Sebagai perlakuan adalah 21 klon harapan lili hasil seleksi penelitian sebelumnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 18 dari 21 klon yang diuji diketahui memiliki daya adaptasi baik. Klon-klon tersebut disarankan untuk dapat dilepas kepada petani sesuai dcngan ketentuan yang berlaku.Kata Kunci : Lilium longyflorum, Lilium oriental, Lilium Asiatik, hibridisasi, Fusarium oxysporum f.sp. lilii, stabilitas genetik. daya adaptasi


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.92.190.11

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun