Pengaruh Nitrogen dan Giberelin pada dua sistem Pembudidayaan Tanaman Induk Krisan


Penulis : Sanjaya, L., R. Meilasari, K.Budiarto | Tahun 2004  

Krisan merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang paling penting di Indonesia. Lebih dari 50 juta tangkai bunga krisan dijual untuk memenuhi permintan pasar domestik. Bunga krisan dihasilkan oleh tanaman yang berasal dari stek pucuk yang dipanen dari tanaman induk yang dipelihara dibawah kondisi rumah kaca. Dalam upaya meningkatkan efisiensi produksi stek pucuk, maka di dalam penelitian ini dilakukan upaya budidaya tanamaninduk dilahan terbukatanpa mengurangi kualitas dan kuantitas stek pucuk yang dihasilkannya. Penelitian dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Hias pada bulan Maret-September 2002. Rancangan split-split plot dengan 3 ulangan digunakan dalam penelitian. Petak utama adalah sistim budidaya tanaman induk, yaitu indoor dan outdoor; sebagai anak petak adalah pupuk nitrogen dengan 3 taraf (200,300 dan 400 kg urea/ha), sedangkan anak-anak petak adalah konsentrsi giberelin dengan 3 taraf (0, 50 dan 100 ppm). Hasil penelitian menunjukan bahwa budidaya tanaman induk krisan Retno Dumilah di bawah kondisi outdoor menghasilkan bunga krisan yang sama baiknya dengan penanaman secara indoor. Aplikasi nitrogen dan asam giberelin mempercepat inisiasi akar, meningkatkan jumlah stek, memperbesar diameter batang stek dan menambah bobot segar stek. Kata kunci: Chrysantemum; indoor; outdoor; tanaman induk; stek pucuk; nitrogen; asam giberelat.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.234.45.10

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun