Tanggapan Species Dracaena terhadap Pupuk Nitrat


Penulis : Adyantoro, S., R. Tejasarwana dan D. Herlina | Tahun 2004  

Penelitian dilaksanakan Oktober 2002- Juni 2003 di Kebun percobaan Segunung, Cianjur 1100 m di atas permukaan laut (dpl). Tanah diolah dan dicampur sekam gabah 1:2 terletak dibawah paranet 55% (45% cahaya tembus).Percobaan terdiri atas dua unit pemberian pupuk.Pertama menggunakan sumber KNO3 dan kedua menggunakan NH4No3. Pupuk diberikan setara 3 takaran N aktif yaitu 0,63 g, 1,26g dan 1,89g setiap tanaman setiap bulan. Spesies Dracaena yang diteliti adalah : D.sanderiana, D.thalioides, D.angustifolia dan D.reflexa. Data dari dua percobaan di analisis gabungan untuk melihat pengaruh perlakuan yang terdiri atas 12 kombinasi dengan 3 ulangan. Hasil pene;itian menunjukan bahwa ada interaksi nyata dua sumber N yang diberikan 3 takaran terhadap pertumbuhan tinggi, diameter batang dan helaian daun serta panjang daun tanaman Dracaena. Pertumbuhan tinggi tanaman D.sanderiana cenderung lebih cepat pada tanaman yang diberi takaran rendah (0,6 g) dari KNO3. Sedangkan dari NH4NO3menghasilkan pertumbuhan tinggi tanaman sangat nyata lebih cepat pada takaran N sedang (1,26 g). Pada takaran N sama D.angustifolia pertumbuhan tinggi tanaman cenderung lebih cepat baik dari sumber KNO3 maupun NH4NO3. takaran N dari sumber pupuk yang sama pada D. Angustifolia menghasilakan pertumbuhan daun terbanyak. Pada D.reflexa pertumbuhan daun lebih banyak pada tanaman yang diberi takaran N rendah dan sedang dari NH4NO3 daripada KNO3. Tanaman D.sanderiana dan D.thaliodes pertumbuhan daunnya tidak dipengaruhi takaran dan sumber pupuk N. Kata kunci: Dracaena angustifolia, D.reflexa, D.sanderiana, D.thaliodes, takaran N, pupuk N.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.196.38.114

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun