Perbanyakan Cepat Klon-Klon Harapan Anyelir Secara In Vitro dan Aklimatisasinya


Penulis : Sanjaya,L., M.Dewanti dan E.Febrianty | Tahun 2004  

Ketersediaan benih bermula merupakan kendala utama dalam budidaya anyelir (Dianthus caryophillus). Sejauh ini benih anyelir diperoleh dari tanaman induk yang digunakan secara berulang.Hal ini mengakibatkan rendahnya kualitas bunga yang dihasilkan oleh para petani di sentra produksi. Penelitian ini dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Hias selama tahun 2002 dengan tujuan untuk mendapatkan bibit klon-klon harapan anyelir melalui perbanyakan in vitro. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 ulangan. Perlakuan adalah 6 klon anyelir dengan satuan unit percobaan sebanyak 5 botol per klon. Untuk menginduksi percepatan pertumbuhan tuns aksiler, setiap planlet dipotong dengan 1 ruas batang dan segera ditanam ke dalam media MS+5 um NAA+10 um BA. Di dalammedia tersebut akan terjadi multiplikasi planlet dalam waktu sekitar 30 hari stelah kultur. Potongan planlet dengan satu ruas batang selanjutnya ditanam kedalam media MS+0,1 mg/l IAA untuk menginduksi perakaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regenerasi dari eksplan tunas apikal berbeda nyata antar klon anyelir. Klon 24.17 dan 21.22 memiliki kemampuan regenerasi paling tinggi.Kendati demikian tingginya kemampuan regenerasi kedua klon tersebut tidak di ikuti oleh tingginya kemampuan pertumbuhan vegetatif.Selama pertumbuhan vegetatif klon-klon anyelir tidak mengalami dominansi pertumbuhan tunas apikal terhadap pertumbuhan sistem perakaran. Hal ini mengidentifikasikan bahwa pertumbuhan vegetatif berlangsung secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini tampak bahwa aklimatisasi planlet dari kultur in vitro membutuhkan media yang spesifik untuk tiap kultivar anyelir. Pada media pasir, sistem perakaran planlet tidak dapat berkembang optimal akibat dari rendahnya ketersediaan hara dalam media. Media untuk aklimatisasi anyelir yang terbaik ialah yang mengandung kuntan dan humus bambu. Kata kunci: Dianthus caryophillus; Bibit klon-klon anyelir;Kultur in vitro; IAA; NAA;BA.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 3.80.218.53

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun