Karakter Kegenjahan Beberapa Populasi F1 Anggrek Vanda


Penulis : Bety, Y.A. | Tahun 2004  

Anggrek Vanda memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai fase berbunga dibandingkan dengan anggrek jenis lain. Oleh karena itu seleksi terhadap karakter kegenjahan sangat diperlukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sifat kegenjahan dari beberapa populasi F1 Vanda. Percobaan dilaksanakan pada bulan April 1998 sampai Maret 2000 di kebun percobaan Pasar Minggu. Untuk mendapatkan populasi F1, persilangan antar tetua dilakukan secara acak dan resiprok, interspesifik maupun intergenerik. Tahap penelitian meliputi kegiatan persilangan, panen buah, penyebaran biji, transfer planlet, dan pengompotan. Penyebaran biji dan transfer planlet dilakukan secara aseptik di laboratorium, kegiatan yang lain dilakukan di rumah sere. Pengamatan dilakukan terhadap jangka waktu yang diperlukan pada tiap tahap pertumbuhan, yaitu umur masak buah dapat dipanen, terbentuknya protokorm, dari protokorm sampai tumbuh menjadi planlet, dan planlet sampai dapat dikompot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat belas populasi F1 yang terbentuk memiliki karakter kegenjahan yang berbeda. Waktu yang diperlukan biji untuk mencapai umur masak atau buah dapat dipanen pada 14 populasi F1 bervariasi antara 84-220 hari, waktu terbentuknya protokorm 30131 hari, terbentuknya planlet 28-157 hari, dan planlet dapat dikompot 134-346 hari. Populasi F1 yang paling genjah adalah hasil silangan antara Ascocenda dan Vanda dengan Phalaenopsis. Phalaenopsis jenis tertentu dapat digunakan sebagai tetua jantan untuk mendapatkan hibrida Asocenda atau Vanda yang cepat berbunga. Kata kunci; Vanda; Populas F1; Kegenjahan; Karakter


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 23.22.240.119

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun