Hibridisasi dan seleksi Populasi F1 Anggrek Vanda


Penulis : Bety, Y.A.., S. Kartikaningrum, S.Soejoeno, dan Suryanah | Tahun 2004  

Persilangan antara tetua terpilih anggrek Vanda telah mampu menghasilkan varietas-varietas Vanda yang memiliki sifat-sifat unggul dan disukai konsumen. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan hibrida Vanda baru yang memiliki sifat-sifat bunga warna merah, kuning, biru, berbentuk bulat atau serasi, memiliki kesegaran bunga yang lama, rajin berbunga dan tahan terhadap hama dan penyakit. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2000 sampai Desember 2000 di laboratorium Pemuliaan dan rumah sere Balai Penelitian Tanaman Hias Pasarminggu. Persilangan dilakukan dengan cara menyilangkan tetua terpilih sebagai tetua jantan atau betina, secara acak maupun resiprok, dan persilangan dilakukan interspesific maupun intergenerik. Kegiatan meliputi karakterisasi tetua, persilangan dilakukan dengan cara menyilangkan tetua terpilih sebagai tetua, persilangan, panen, penyebaran biji, transfer planlet, pengompotan dan penanaman individu. Penyebaran biji dan transfer dilakukan secara aseptik di dalam laboratorium, sedangkan pengompotan dan tanam individu dilakukan dirumah kaca. Pengamatan dilakukan terhadap karakter induk yang digunakan, waktu persilangan sampai dengan panen buah, waktu terbentukan protokorm, pertumbuhan planlet di dalam botol, tanaman kompotan dan tanaman muda yang ditanam secara individu. Dari penelitian dihasilkan 3 seri silangan dalam fase pertumbuhan protokorm, yaitu persilangan antara (Renantera Kalsom x Aranda Storii) X V. Tricolor Jabar; (Renantera Kalsom x Aranda Storii) X Paraphal. Serpetinlingua; V. Rasri X V.tricolor Jatim dan 4 seri silangan dalam fase planlet, yaitu silangan antara V.Wirat X V. Tricolor Jabar; (V.Patau x V.Jennie H.) x Asc. Peggy Foo) X V. Tricolor Jabar; (V.Thongsor x V.insiggnis) X V. Limbata; asc. Duong porn X (Phal. Phuket B x Phal. Pinlong K.). Waktu yang diperlukan untuk masaknya biji bervariasi antara 103-166 hari, terbentuknya protokorm 33-106 hari, dan terbentuknya planlet 79-192 hari. Dengan terbentuknya populasi F1 Vanda baru dan setelah melalui seleksi yang tepat akan didapatkan hibrida Vanda baru yang memenuhi selera konsumen. Kata kunci: Vanda, anggrek, hibridisasi.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.123.74

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun