Koleksi dan Karakterisasi Plasma Nutfah Anggrek Spathoglottis dan Pemanfaatannya


Penulis : Kartikaningrum, S., K. Effendie, S. Soedjono, D. Widiastoety, N.Q. Hayati dan R.W .Prasetio | Tahun 2004  

Spathoglottis merupakan anggrek tanah yang paling umum dijumpai dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman taman. Biasanya Spathoglottis ditanam secara massal di dalam bedengan sebagai tanaman pembatas atau tanaman tepi. Warna bunga Spathoglottis bervariasi dari ungu tua, ungu muda, pink, kuning sampai putih. Kurang lebih 40 spesies diketahui tersebar dari China Selatan, India bagian Utara, di Asia Tenggara, Australia, Samoa dan Papua Nugini. Tujuh diantaranya bersifat indigeneus di Filipina. Hasil eksplorasi anggrek Spathoglottis berhasil dikoleksi beberapa spesies anggrek yang berasal dari Jawa, Sulawesi dan Papua. Sebagian besar koleksi anggrek Spathoglottis diperoleh di daerah Jawa. Dari daerah Sulawesi diperoleh spesies anggrek Spathoglottis berwarna putih. Selain dikoleksi anggrek dari Indonesia, juga dikoleksi anggrek yang berasal dari luar Indonesia. Sebagian besar koleksi anggrek dari luar Indonesia berupa hibrid-hibrid yang berasal dari Singapura dan Filipina. Spesies-spesies yang berhasil dikoleksi adalah Spathoglottis plicata dengan variasi warna dan ukuran bunga, mulai dari warna putih, pink, ungu muda, dan ungu tua, S.unguiculata yang berwarna ungu tua bertangkai bunga pendek, S.vanoverbergii berwarna kuning dengan ukuran bunga kecil dan tangkai bunga pendek, S.aurea yang berwarna kuning dengan ukuran bunga besar, S.augustorum yang berwarna putih, dengan ukuran bunga besar. Keragaman karakter Spathoglottis terletak pada tangkai bunga, bunga dan bagian-bagian bunga, sedangkan pada daun tidak terdapat keragaman karakter. Namun terdapat keragaman pada ukuran daun. S.unguiculata dan S.vanoverbergii merupakan sumber tetua untuk tangkai pendek. Sebagaian besar koleksi sudah dikarakterisasi, dan dimanfaatkan dalam kegiatan hibridisasi. Hasil persilangan antar spesies dan dalam spesies menghasilkan keturunan dengan keragaman corak dan warna bunga yang sempit. Kata kunci: Spathoglottis sp.; Koleksi; Karakterisasi; Plasma Nutfah.


INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.166.196

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun