Buku Tamu Balithi

Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung

Jl. Raya Ciherang, Segunung, Pacet, Cianjur, Jawa Barat 43252
0263-517056, 514138 Fax. 0263-514138
balithi@litbang.pertanian.go.id, balithias@yahoo.co.id

Anda dapat berinteraksi dengan kami secara online dengan mengklik tombol di bawah ini

Daftar Pertanyaan
Nurul Hanifah
Posted at, 21 Oktober 2019

apakah saya dapat memesan bibit tanaman hias mawar megawati?

irman firmansyah
Posted at, 21 Oktober 2019

terimakasih, silahkan menghubungi sdr. Fauzi Awaludin di nomor 087721283558 untuk konsultasi mengenai pemesanan benih tanaman hias varietas yang dihasilkan Balithi.

Azalea Dya Ramadhanti
Posted at, 16 Oktober 2019

Assalamualaikum wr. wb. Selamat pagi. Saya Azalea Dya Ramadhanti, mahasiswa fakultas pertanian Universitas Gadjah Mada. Saya bersama teman saya Bernadeta Sekar Pertiwi dan Monica Shinta Damayanti telah mengirim surat permohonan Kerja Lapangan via email bernadeta.p@mail.ugm.ac.id pada tanggal 10 Oktober 2019 dan mengirim melalui Pos Indonesia. Sekiranya kapan kami mendapatkan surat balasan dari pihak Balithi? Terima kasih.

irman firmansyah
Posted at, 17 Oktober 2019

terimakasih, mohon maaf admin sedang dinas di luar kota saat ini  mungkin mbak bisa konfirmasi mengenai hal tersebut ke pengelola surat Balithi (ibu Atikah) dan atau ke koordinator praktik kerja Balithi (Dr. Erniawati Diningsih) nomor ponsel (WA/Telp) ybs admin kirim ke alamat email saudara (azalea.lean891@gmail.com) 

terimakasih.

maryanto (anto)
Posted at, 14 Oktober 2019

selamat siang saya maryanto, dari TAwangmangu, Karanganyar, jaawa tengah. Mohon maaf, apakah di balithi memproduksi bunga krisan pot secara masal untuk dijualbelikan kembali ke masyarakat umum? Jika benar, bisakah saya mengajukan diri untuk menjadi distributor di tempat saya? Dan bagaimanakah prosedur dan mekanisamenya? trmksih

Irman Firmansyah
Posted at, 14 Oktober 2019

Terimakasih, untuk menjawab pertanyaan yang saudara ajukan dapat menghubungi bpk. Dwi Sulistya selaku manajer Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) Balithi. Nomor ponsel (WA/Telp) yang bersangkuta admin kirim ke alamat email saudara.

terimakasih

Laila Fahlasari
Posted at, 08 Oktober 2019

Selamat pagi pak/bu saya laila dari karawang, mohon informasinya apakah di Balithi ada pelatihan kultur jaringan dan menjual bibit eksplan tanaman Anggrek ? Terimakasih

Irman Firmansyah
Posted at, 08 Oktober 2019

terimakasih, untuk melaksanakan magang/latihan mengenai kultur jaringan silahkan mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias. Surat dapat dikirim melalui faximil ke nomor 0263514138 dan atau email ke balithias@yahoo.co.id cc: balithi.balitbangtan@gmail.com.

mengenai ketersediaan eksplan anggrek silahkan hubungi sdr. Fauzi awaludin di nomor 0877-2128-3558 selaku pengelola Unit Pengelolaan Benih Sumber Tanaman Hias.
terimakasih

Zulfa Tsania Yusuf
Posted at, 08 Oktober 2019

Assalamualaikum, selamat pagi. Saya sudah mengirimkan surat permohonan PKL dan menyantumkan no. WA, tapi sampai sekarang belum ada balasan atau pemberitahuan diterima atau tidak, kira-kira biasanya menunggu berapa lama untuk balasan pemberitahuan diterima PKL ya? Terima kasih

Irman Firmansyah
Posted at, 09 Oktober 2019

teriamaksih, dari sekolah/PT mana mbak? surat permohonannya dikirim tanggal berapa ke Balithi dan melalu media apa pengirimannya? (Fax/email/pos/dikirim langsung)

terimakasih

Imzar
Posted at, 08 Oktober 2019

Selamat malam, apakah di balithi menjual benih marigold? kalau iya, ada kultivar/varietas apa saja? terima kasih

Irman Firmansyah
Posted at, 09 Oktober 2019

Balithi tidak menyediakan benih atau tanaman marygold untuk disebar ke masyarakat. Komoditas tanaman hias yang terdapat di Balithi diantaranya terdiri dari Krisan, Anggrek, Mawar, Sedap malam, gerbera, anthurium dan tanaman hias tropis.

terimakasih

Zamakhsari
Posted at, 04 Oktober 2019

Selamat pagi, Saya Zamakhsari pelajar ukm Malaysia, Ingin menanyakan plb Dendrobium apakah tersedia?

Irman Firmansyah
Posted at, 06 Oktober 2019

Plb (Protocom Like Body) anggrek Dendrobium tersedia di Balai Penelitian Tanaman Hias tetapi tidak untuk diperjual belikan hanya sebagai riset dalam teknologi perbanyakan tanaman.

Tetapi untuk informasi lebih jelas silahkan menghubungi peneliti Balithi Dr. Fitri Rachmawati 
nomor yang bersangkutan admin kirim ke alamat email saudara.

terimakasih

Suci Khairunissa
Posted at, 01 Oktober 2019

Selamat sore, kak. Saya ingin bertanya, apakah ada panduan khusus yang dapat digunakan untuk karakterisasi morfologi pada anggrek? Terimakasih.

Irman Firmansyah
Posted at, 01 Oktober 2019

terimakasih, di Balithi terdapat pandan karakterisasi anggrek tetapi sudah dalam bentuk cetakan.

untuk informasi lengkap mengenai cara memperolehnya silahkan menghubungi seksi Jasa Penelitian Balithi (sdr. Arlan Hernawan) pada nomor telpon 0263517056 pada jam kerja 07.30-16.00 WIB

terimakasih

Eka Melawati
Posted at, 22 September 2019

Assalamualaikum, Selamat Siang Pak / Ibu . Saya Eka Melawati dari Universitas Siliwangi. Saya ingin magang di balithi selama 1 bulan dari bulan Desember akhir - Januari . Apakah Balithi menerima magang bulan tersebut ? Judul apa saja yang tersedia untuk magang sekitar bulan Desember - Januari. Berapa banyak mahasiswa yang dapat mengikuti magang ? Terimakasih

Irman Firmansyah
Posted at, 23 September 2019

Terimakasih, Balithi selalu menerima pengajuan magang mahasiswa/pelajar/masyarakat umum. Untuk kegiatan magang tidak dikhususkan menggunakan judul seperti halnya penelitian. hanya mengikuti kegiatan yang sedang berjalan di Balithi. Syarat untuk melaksanakan magang hanya diminta mengirimkan surat permohonan ditujukan kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias.

terimakasih

Kristin
Posted at, 20 September 2019

Saya seorang pegawai swasta, saya sangat menyukai tanaman terutama tanaman hias, belakangan saya menjadi tertarik dengan budidaya tanaman bunga mawar. Tetapi saya sama sekali belum tahu tehnik nya. Mohon dibantu penjelasan dan langkah yang harus dilakukan. Apakah ada pelatihan khusus untuk menjadi petani tanaman hias? terimakasih.

Irman Firmansyah
Posted at, 22 September 2019

Terimakasih atas perhatiannya terhadap tanaman hias.

Teknik budidaya Mawar telah beberapa kali di informasikan pada laman Balithi diantaranya 
  1. http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-747-budidaya-mawar-pemeliharaan-dan-pemanenan.html 
  2. http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-743-teknik-budidaya-mawar-untuk-bunga-potong.html 
  3. http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-737-panduan-pembibitan-dalam-budidaya-mawar.html 
apabila saudara berminat untuk lebih mengetahui teknik budidaya mawar dengan meninjau langsung (atau praktik), silahkan berkunjung ke Instansi kami (Balai Penelitian Tanaman Hias) dan menemui seksi Jasa Penelitian lebih dahulu untuk selanjutnya disambungkan kepada peneliti dan pelaku penelitian tanaman mawar di Balithi.
terimakasih

Zulfa Tsania Yusuf
Posted at, 16 September 2019

Assalamualaikum, selamat siang. Maaf saat mengirimkan surat permohonan PKL melalui email bolehkah menggunakan scan surat asli atau sebaiknya dikirim melalui kantor pos? Bolehkah saya meminta kontak koordinator penelitian yang akan dilaksanakan Januari 2020 di balithi? Terima kasih,

Irman Firmansyah
Posted at, 18 September 2019

waalaikumsalam.. silahkan mengirimkan surat permohonan berupa scan surat asli melalui email ke balithias@yahoo.co.id cc: balithi.balitbangtan@gmail.com dan tolong cantumkan nomor WA yang dapat dihubungi pada surat permohonan tersebut untuk pengiriman surat balasan dari pihak Balithi kpd anda.

nomor kontak person koordinator Praktik selalu tercantum di surat balasan yang kami kirim kepada pemohon.

terimakasih

Faozan Aziz
Posted at, 12 September 2019

Assalamualaikum, selamat siang admin Balithi saya faozan aziz penggiat kelompok sadar wisata di desa sridadi kecamatan sirampog kabupaten brebes. mau menanyakan apakah di balithi bisa menerima pengajuan benih/bibit tanamaman hias untuk mengembangkan agrowisata di daerah kami. kalau tidak mohon info lembaga yang bisa membantu kami. terima kasih

Irman Firmansyah
Posted at, 13 September 2019

Terimakasih, pengajuan/permohonan bantuan benih tanaman hias guna pengembangan kawasan agro wisata sepertinya dapat dilayangkan kepada Direktur Buah dan Florikultura Direktorat Jenderal Hortikultura - Kementerian Pertanian, Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520. Telp 021-78832048, Fax 021 - 7805880 e-mail: hortikultura@pertanian.go.id melalui dinas pertanian Kabupaten dan atau atas naman kelompok tani.

Balithi hanya menyediakan benih sumber tanaman hias saja yang tidak untuk disebarkan langsung kepada pengguna. 

terimakasih

erlinda gunawan
Posted at, 11 September 2019

Selat siang, saya Erlinda Saya ingin mebeli biji / benih untuk tanaman hias Bisa di bantu untuk ketersediaan bibit beserta harganya Terimakasih 081332409555 (WA) Erlinda

Irman Firmansyah
Posted at, 12 September 2019

terimakasih, untuk informasi mengenai benih tanaman hias produk Balithi disilahkan menghubungi Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balithi, Cp. sdr. Fauzi Awaludin di nomor ponsel (WA) 0877-2128-3558

terimakasih

Fauziah Achriani Ramlan
Posted at, 08 September 2019

Assalamu alaikum wr wb. Mohon info variestas terbaru krisan yg disukai oleh konsumen. Klo boleh tau, varietas krisan apa saja yg tahan terhadap penyakit karat putih dan varietas apa yg rentan terhadap karat putih. Terima kasih sebelumnya

Irman Firmansyah
Posted at, 09 September 2019

untuk menjawab pertanyaan yang saudara ajukan sebaiknya langsung konsultasikan kepada pemulia krisan Balithi (Ir. Kurnia Yuniarto) nomor WA admin kirim ke alamat email saudara.

terimakasih

rardBumma
Posted at, 07 September 2019

Hello. And Bye.

suriman
Posted at, 08 September 2019

thank you

Fadhiilah Shodiiqul Qoriib
Posted at, 05 September 2019

Assalamualikum wr wb. saya fadhiilah shodiiqul qoriib mahasiswa S1 universitas jendral soedirman purwokerto (unsoed) jurusan agroteknologi peminatan pemuliaan tanaman ingin menannyakan terkait .. adakah penelitian yang akan di kaji pada bulan januari 2020 .. (untuk kajian penelitian/tugas akhir/skripsi).

Irman Firmansyah
Posted at, 05 September 2019

untuk menjawab pertanyaan yang saudara ajukan sebaiknya konsultasi langsung dengan coordinator program penelitian Balithi (Dr. Dedeh Kurniasih, SP., MSi.), nomor kontak yang bersangkutan admin kirimkan ke alamat email saudara (sqfadilah@gmail.com) 

terimakasih

Zulfa Tsania Yusuf
Posted at, 04 September 2019

Assalamualaikum, selamat pagi.saya Zulfa, mahasiswa pertanian Unsoed. Maaf saya mau bertanya, untuk penelitian sekitar bulan Januari-Februari 2020 yang akan dilakukan di balithi ada penelitian apa saja ya? Dan yang sekiranya boleh untuk sebagai praktik kerja lapang mahasiswa pertanian penelitian yang mana saja. Terima kasih..

Administrator
Posted at, 05 September 2019

terimakasih, untuk penelitian yang berjalan sekitar bulan Januari-Februari 2020 seputar perbenihan, pemuliaan dan hama penyakit tanaman. Untuk praktik kerja lapang mahasiswa diikut sertakan kepada penelitian yang sedang berjalan disesuaikan dengan program atau jurusan studi yang diambil mahasiswa tersebut. terimakasih

Yoshua Shandy Yudha Sahulata
Posted at, 30 Agustus 2019

Selamat siang bapak/ibu, saya ingin tanya apakah saya bisa mendapatkan katalog bunga krisan, khususnya untuk ketinggian tempat penanaman dari varietas-varietas yang ada di balithi? terima kasih

Administrator
Posted at, 01 September 2019

terimakasih atas pertanyaannya, katalog yang dimaksud inginnya seperti apa? bila katalog mengenai data varietas dan deskripsi krisan yang telah dilepas Balithi serta Teknik budidaya krisan tersedia di seksi Jasa Penelitian Balithi, dapat menghubungi sdr. Arlan Hernawan di nomor +62819-1225-0961.

untuk altitud atau ketinggian tempat yang adaptif untuk budidaya krisan tertera dalam deskripsi varietasnya.

terimakasih semoga bermanfaat.

Muhammad Reza
Posted at, 27 Agustus 2019

Selamat siang, Mohon infonya Apakah bisa membeli bibit bunga di balithi untuk kalangan masyarakat umum? Dan, Apakah tersedia bibit bunga marigold di balithi?

Irman Firmansyah
Posted at, 01 September 2019

terimakasih, benih yang dihasilkan Balithi adalah benih F1 yang diperuntukan bagi penangkar tetapi untuk konsultasi lengkap mengenai bisa atau tidaknya masyarakat umum memperoleh benih sumber varietas Balithi disilahkan menghubungi Bapak Dwi Sulistya di nomor telpon/WA 0813-2847-4999.

untuk komoditas marygold belum menjadi komoditas penelitian di Balithi, jadi untuk benihnya belum tersedia.

terimakasih semoga bermanfaat

Musfiar
Posted at, 26 Agustus 2019

Assalamualaikum Perkenalkan saya Musfiar, S.P lulusan Institut Pertanian Bogor, ingin bertanya apakah balithi sedang membuka lowongan? Terima kasih Salam, Musfiar 085218435275

Administrator
Posted at, 01 September 2019

terimakasih, penerimaan pegawai di Balithi dilakukan memaui seleksi langsung oleh Kementerian Pertanian selaku induk organisasi kami. pengumuman penerimaan biasnya dilakukan pada link http://cpns.pertanian.go.id/


terimakasih