Website-Resmi-Balai-Penelitian-Tanaman-Hias-Kementerian-Pertanian

  • INSTALASI PENELITIAN SERPONG, LUAS 3.25 HA
  • Alamat : Situgadung, Legok Tromol Pos 2, Serpong Tangerang 15310 - Banten, Telepon Fax

    Berlokasi berdekatan dengan kantor BBP Mektan dan Instalasi Penelitian Serpong Balitsa. Kegiatan yang dilakukan di Instalasi Penelitian Serpong diutamakan untuk penelitian tanaman hias tropis dataran rendah. Fasilitas yang ada di Instalasi Penelitian Serpong adalah rumah kaca, rumah sere, dan laboratorium Kultur jaringan.

    Instalasi Penelitian merupakan sarana penelitian yang sangat penting untuk penyelenggaraan kegiatan penelitian, serta di fungsikansebagai lokasi konservasi plasma nutfah (PN) ex situ dan sebagai bangk sumber daya genetic (SDG). PN/SDG mempunyai peran strategis dalam menyediakan materi genetic dan sangat menunjang kegiatan penelitian pemuliaan untuk mendapatkan varietas unggul baru yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

    Daya Guna
    Sebagai Konservasi Plasma Nutfah Anggrek

    Sarana
    Sarana Instalasi Penelitian terdiri dari bangunan gedung dan bangunan sarana penelitian yang diperlukan untuk menunjang operasional kebun dan kegiatan penelitian, meliputi Kantor kebun, Laboratorium, Ruang peneliti, Ruang teknisi, Ruang pembuatan media, Rumah kaca, Rumah sere dan Rumah Plastik.