Website-Resmi-Balai-Penelitian-Tanaman-Hias-Kementerian-Pertanian

  • JURNAL HORTIKULTURA NO. 5 VOL. 1
  • Jurnal Hortikultura No. 5 Vol. 1
    No. Judul Artikel Tahun Penulis Download
    1 Penggunaan Bahan Kimia untuk Memacu Pertunasan Subang Gladiol Kultivar Dr. Mansoer

    Penelitian bertujuan untuk memperpendek waktu dormansi subang gladiol. Penelitian dilaksanakan di Kebun percobaan Cipanas dari bulan September 1992 sampai dengan Februari 1993, menggunakan Rancangan Acak Berblok pada faktorial dengan 3 ulangan. Bahan Kimia Ethepon, Bencemil, IBA, GA3 dan NAA digunakan untuk memperpendek dormansi Subang utuh, Subang belah dan subang yang dilukai. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semua bahan kimia tersebut dapat memperpendek masa dormansi, mempercepat perakaran dan pertunasan. Ethepon dan GA3 merupakan bahan kimia terbaik untuk memacu pertunasan subang utuh gladiol cv. Dr. Mansoer. Subang utuh mempunyai pertunasan lebih tinggi daripada subang belah dan subang yang dilukai. Teknologi yang dihasilkan akan menguntungkan pengguna karena dapat mempercepat dan memperpendek waktu bertanam serta menghemat waktudan biaya untuk pembibitan gladiol.

    1995 D. Herlina 1), Ali Asgar 2) dan Toto Sutater 3) download
    2 Pengaruh GA3 dan Ukuran Subang terhadap Pematahan Dormansi Subang Gladiol (Gladiolus hybridus) cv. Queen Occer

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gibberellin terhadap tumbuhnya tunas pada berbagai ukuran subang gladiol kultivar Queen Occer. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Sub Balai Penelitian Tanaman Hortikultura Cipanas dari bulan Maret hingga Juni 1992. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola factorial. Faktor pertama yaitu konsentrasi GA3 (0,50,100, dan 150 ppm). Hasil penelitian menunjukkan bahwa GA3 tidak mempercepat tumbuhnya tunas dan inisiasi akar. Asam gibberellin juga tidak memperbanyak jumlah tunas pada subang dan persentase subang yang bertunas. Subang yang berukuran lebih besar cepat mengakhiri masa dormansinya dibandingkan subang yang lebih kecil. Untuk mendapatkan tanaman yang seragam maka harus ditanam subang gladiol yang seragam ukurannya. Selang pertanaman gladiol dapat dipercepat dengan menanam subang gladiol ukuran besar hasil pertanaman sebelumnya yang telah dipatahkan dormansinya.Katakunci : Gladiolus, dormancy ga, corms.

    1995 Lia Sanjaya 1) download
    3 Pemanfaatan Kompos tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Tanpa Tanah dan Pempupukan pada Tanaman Pot Spathiphyllum

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat kompos tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai medium tanaman Spathiphyllum. Penelitian ini dilakukan di rumah kaca Sub Balai Penelitian Hortikultura Cipanas pada ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut, menggunakan Rancangan Acak Terpisah dengan tiga ulangan. Lima kombinasi kompos TKKS dan pupuk kandang digunakan sebagai petak utama dan frekuensi pemupukan sebagai anak petak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati kecuali untuk pori terisi udara dan kadar N daun, sedang frekuensi pemupukan tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati kecuali terhadap tinggi tanaman mulai umur dua bulan kadar K pada tanaman umur enam bulan kombinasi 50 % kompos TKKS untuk media dapat mengurangi biaya dan mengatasi masalah kekurangan media bagi pengusaha tani bunga dan memanfaatkan serta mengurangi limbah dalam industri minyak sawit.

    1995 Sri Wuryaningsih 1), Toto Sutater 1), dan Didiek H. Goenadi 2) download