Website-Resmi-Balai-Penelitian-Tanaman-Hias-Kementerian-Pertanian

  • JURNAL HORTIKULTURA NO. 12 VOL. 1
  • Jurnal Hortikultura No. 12 Vol. 1
    No. Judul Artikel Tahun Penulis Download
    1 Kefektifan Zanthomonas maltophilia, Fungisida, dan Tipe Cerat terhadap Penyakit Embun Tepung pada Tanaman Mawar di Rumah Plastik

    Penelitian untuk mengetahui efektivitas Xanthomonas maltophilia dan cerat alat semprot terhadap penyakit embun tepung pada tanaman mawar dilakukan dari September 1998 - Juni 1999. X maltophilia, suatu bakteri epifit, diuji kefektifannya dan dibandingkan dengan fungisida Bubur Bordo, propineb, CuC12, triadomefon, dan benomil, sedangkan efisiensi cerat alat semprot yaitu kerucut, kipas dan Ultra Low Volume. Hasil penelitian menunjukkan bahwa X. maltophilia, triadimefon, dan benomil efektif setelah dua kali aplikasi, sedangkan Bubur Bordo, Propineb, dan CuC12 setelah tiga kali aplikasi. Efektivitas X. maltophilia sebanding dengan fungisida benomil. Cerat Ultra Low Volume dan cerat kipas masing-masing lebih efisien 66,6% dan 13,9% dibanding cerat kerucut. Kata kunci: Rosa hybrida, Embun tepung, Oidium s.; Fungisida; Efisiensi; Cerat alat semprot; Xanthomonas maltophilia.

    2002 Suhardi, tata Rasta Omoy, dan Budi Winarto download
    2 Resistensi Varietas Mawar (Rosa hybrida) terhadap Penyakit Bercak Hitam

    Penyakit bercak hitam yang disebabkan oleh Marssonina rosa merupakan penyakit penting pada tanaman mawar. Penelitian untuk mengetahui tingkat resistensi varietas mawar (Rosa hybrida) terhadap penyakit bercak hitam dilakukan di Instalasi Penelitian Tanaman Hias Segunung. Percobaan pertama dilakukan di rumah kaca dari bulan Juli-Desember 1997 menggunakan rancangan Acak Lengkap, sedangkan percobaan kedua dilakukan di lapangan dari bulan September 1998-Mei 1999 menggunakan rancangan Acak Kelompok, masing-masing dengan tiga ulangan. Varietas mawar yang diuji ialah American Beuty, Bunabai, Appolo, Holland, Maria Callas, Misty, Mr. Lincoln, Queen Elizabeth, Klon 91012-5, klon 91032-1, dan Cherry Brandy (hanya pada percobaan kedua). Tanaman diinokulasi dengan suspensi spora M. rosae (10 4 spora/ml) pada umur 1,5 bulan setelah okulasi entris pada batang bawah mawar liar (Rosa multiflora). Setelah inokulasi, tanaman disungkup dengan kantong plastik transparan selama 48 jam. Dirumah kaca, peubah penyakit yang diamati ialah masa inkubasi, jumlah daun sakit, jumlah bercak, intensitas penyakit, defoliasi daun, dan jumlah badan buah serta spora yang dihasilkan. Sedangkan di lapangan pengamatan meliputi jumlah bercak, luas bercak, dan intensitas penyakit. Data penunjang juga dikumpulkan untuk menjelaskan penomena resistensi diantaranya ialah ketebalan epidermis daun dan perkecambahan spora pada ekstrak daun varietas yang diuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa var. Bunabai imun terhadap penyakit bercak hitam di rumah kaca dan sangat resisten di lapangan. Sementara itu varietas Maria Callas resisten di rumah kaca dan moderat resisten di lapangan. Varietas mawar yang lainnya adalah rentan terhadap bercak hitam. resistensi varietas mawar terhadap bercak hitam tampaknya ditentukan oleh tebalnya epidermis daun dan senyawa tertentu yang dikandungnya. Kata kunci: Rosa hybrida; Bercak hitam; Resistensi; Marssonina rosae.

    2002 Suhardi dan Budi Winarto download