Agrowidyawisata

Agrowidya Wisata Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian merupakan salah satu wujud keterbukaan lembaga penelitian terhadap stakeholder dan masyarakat sekitar untuk mengakses informasi tentang teknologi pertanian, prasarana, dan kegiatan penelitian tanaman hias.

Agrowidya wisata tanaman hias berdampingan dengan kebun percobaan yang digunakan untuk kegiatan penelitian berbagai tanaman hias prioritas dengan luas berkisar 10 ha. Tempat penelitian berupa lahan terbuka, lahan beratapkan net atau rumah sere, rumah plastik dan rumah kaca.

Tujuan utama dari pembangunan Agrowidya wisata yaitu sebagai tempat wisata sekaligus tempat pembelajaran budidaya tanaman hias yang sesuai dengan iklim Indonesia. Berbagai jenis koleksi tanaman hias dari tanaman pohon, tanaman perdu/semak, tanaman semusim berbunga dan berdaun indah, tanaman merambat maupun tananam border dan penutup tanah ditata sesuai fungsinya dalam lansekap yang cantik.

Kebun agrowidya wisata dilengkapi dengan gazebo, shelter maupun payung berbentuk jamur sebagai tempat beristirahat, menara pandang dengan ketinggian 12 m yang dapat digunakan untuk melihat lokasi kebun dan pemandangan menarik di sekitarnya.

Berbagai koleksi sumber daya genetik tanaman hias berada dalam rumah plastik dan rumah kaca seperti berbagai anggrek spesies maupun hibrida, koleksi tanaman hias berdaun indah dan berbunga indah. Koleksi ini merupakan sumber gen yang digunakan sebagai bahan persilangan untuk merakit varietas unggul baru.

Di dalam agrowidya wisata, dikoleksi anggrek spesies maupun hibridanya seperti Coelogyne, Grammathophyllum, Phalaenopsis, Vanda, Dendrobium, Cattleya, Phaphiopedilum, Cymbidium, Oncidium, Spathoglottis dan masih banyak lagi koleksi anggrek ditata dalam rumah kaca berbentuk hexagonal.

Selain anggrek terdapat pula koleksi Dracaena yang cukup lengkap seperti Dracaena surculosa, D. fragrans, D. sanderiana, D. reflexa "Song of India", D. reflexa "Song of Jamaica", D. reflexa "Song of Indonesia", D. compacta, D. talioides dan berbagai spesies dan varietas Cordyline yang dapat dimanfaatkan sebagai daun potong, tanaman pot maupun tanaman taman.

Berbagai bunga tropis yang berfungsi sebagai bunga potong juga terdapat di taman agrowidya wisata, misalnya Zingiber spectabile, Zingiber zerumbet, Alpinia purpurata, Tapeinochilus ananassae, Costus stenophyllus, Calathea crotalifera, Etlingera elatior, berbagai varietas Heliconia dan lain-lain.

Taman tanaman hias semusim ditata dengan pola yang cantik, terdiri atas berbagai jenis tanaman berbunga indah seperti Salvia splendens merah, putih, ungu, Begonia beberapa varietas, Agaphantus africanus, Diestes discolor, Asystacia gangetica, Vinca rosea, Cleome spinosa, Zinnia elegans, Impatiens balsamina, Tagetes erecta hibrida, Coleus blumei, Gomphrena globosa, Dianthus chinensis, Celosia argentea, Pentas lanceolata, Plectranthus neochilus, Portulaca grandiflora, Torenia fournieri, Justicia carnea dan lainnya.

Berbagai tanaman perdu atau semak dikoleksi di kebun, seperti Hidrangea mcrophylla, Michelia condolii, Rhododendron indicum, Bougenvillea hibrida, Pseudoranthemum reticulatum, Gardenia jasminoides, Clerodendron paniculatum, Brugmansia suaveolens, Hibiscus rosa-sinensis, Hibiscus sabdarifa, Jathropa integerrima, Mussaenda phillipica, Medinilla cummingii, Nerium oleander, Rosa hibrida, Tabernaemontana corymbosa, Brunfelsia pauciflora, Jasminum officinale, Jasminum multiflorum, Jasminum humilis, Jasminum sambac, Jasminum mesnyii dan yang lainnya.

Tanaman pohon berbunga dan berdaun indah seperti Amherstia nobilis, Calistemon viminalis, Bauhinia blakeana, Cerbera odollam, Erythrina crista-galli, Maniltoa grandiflora, Terminalia cattapa, Pinus mercusii, berbagai jenis cemara dan palem Indonesia.

Tanaman merambat atau tanaman pergola yang berbunga misalnya Mucuna benettii, Petrea volubilis, Pyrostegia venusta, Strongilodon macrobotrys, Thunbergia grandiflora, Thunbergia meysorensis, Bauhinia kockiana, Clerodendron thomsonae, Allamanda cathartica, Passiflora coccinea, Mansoa hymenaea, Pondranea rica-solliana, Quisqualis indica dan lainnya.

Koleksi Dracaena

Koleksi Bunga Tropis

Koleksi Tanaman Hias Semusim dan Perdu

Koleksi Tanaman Hias Semusim dan Perdu

Landskap taman agrowidya wisata dilengkapi pula dengan tanaman border dan penutup tanah seperti Althermantera amoena, Altermanthera ficodes, Arachis pintoi, Cupea hyssopifolia, Iresine herbtii, Ophiopogon japonicus, Wedelia lobata, Duranta repens, Ctenanthe oppenhelmiana "Tricolor", Bulbiforum fruticosa.

Taman cactus, taman herbal, taman budidaya sedap malam, taman koleksi dahlia juga terdapat di taman contoh yang menarik minat pecinta tanaman hias.