CARA MEMBUAT ARANG SEKAM

Arang sekam merupakan media yang saat ini sering digunakan dalam perbenihan tanaman khususnya krisan, dalam pembuatannya diperlukan alat dan bahan agar proses pembuatan sekam arang dapat memperoleh hasil maksimal.

Alat yang digunakan terdiri dari tungku pembakaran dan selang atau gembor air. Sedangkan bahan pembuatan terdiri dari Sekam mentah, kayu bakar, air (sumber air dari kran atau memakai gembor) dan sekop.

Cara Kerja pembauatn sekam arang yaitu diawali dengan menyalakan api di dalam tungku pembakaran kemudian timbunkan sekam mentah pada tungku, pastikan asap keluar dari cerobong hingga pembakaran sempurna setelah itu diamkan sekam sampai berwarna hitam hingga ke tepi timbunan.

Bila sekam sudah hampir rata berwarna hitam, aduk sekam yang belum terbakar ke bagian dalam timbunan hingga sekam berwarna hitam dan bila semua sudah berwarna hitam, bongkar timbunan arang sekam yang diikuti penyiraman air pada pada timbunan arang sekam pastikan arang sekam menjadi basah dan bara api mati supaya sekam tidak menjadi abu.

SebelumnyaPenyiapan Stek Akar Tanaman Induk Produksi Stek Krisan
SelanjutnyaPlt. Kepala BSIP Mengunjungi Lokasi Terdampak Gempa Cianjur