HILIRISASI TEKNOLOGI BUDIDAYA TANAMAN HIAS ANGGREK DI LAMPUNG

Bimbingan Teknis (Bimtek) tanaman hias anggrek hari ini (31/8) dilaksanakan di kota Bandar Lampung, tepatnya di Aula Balai Pengkajian Taknologi Pertanian (BPTP) Lampung. 

Bimtek dengan tema Hilirisasi Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek untuk Meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi Petani/Penangkar Anggrek di Bandar Lampung dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Dr. Ir. M. Taufiq Ratule, M.Si.

Turut menyambut pula Kepala BPTP Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si., Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Provinsi Lampung, diwakili oleh Ir. Eko Diyah Purwaningsih, M.M. (sekretaris), serta Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DPD Lampung, Mamiyani Fahrizal, S.E., M.M.

Dalam sambutannya, Taufiq Ratule menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah tools untuk menyampaikan inovasi balitbangtan kepada pengguna. Ada lebih dari 75 varietas anggrek dihasilkan Balitbangtan yang terdiri dari anggrek Phalaenopsis, Dendrobium, Cymbidium, Oncydium, Spathoglottis, Paphiopedilum dan Vanda. "Kita ingin inovasinya sampai kepada pengguna. Kita siap mendampingi!", tegasnya.

Penyebarluasan benih sumber  dilaksanakan secara simbolik dengan penyerahan benih anggrek dendrobium dari Kepala Balithi kepada Dinas KPTPH Prov. Lampung sebanyak 300 benih dari varietas Dian Agrihorti, Syifa Agrihorti dan Kumala Agrihorti.

Lebih dari 100 peserta hadir pada bimtek ini yang terdiri dari petani dan pangusaha tanaman hias dari tiga kabupaten/kota di Prov. Lampung, yaitu Bandar Lampung, Metro, dan Lampung Timur. Selain itu, hadir pula anggota PAI serta penyuluh dari Dinas dan BPTP.
Peserta dibekali informasi mengenai Sumberdaya Genetik dan Potensi Pengembangan Tanaman Hias Anggrek di Lampung, yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yusnita, M.Sc. dan Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek oleh Dr. Dedeh Kurniasih, SP., MSi.

SebelumnyaHilirisasi Anggrek di Kota Manado
SelanjutnyaRosati Agrihorti, Anggrek Vanda Merah Jambu dengan Corak Berbintik