HILIRISASI ANGGREK DI KOTA MANADO

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbang Hortikultura) Dr. Muhammad Taufiq Ratule membuka kegiatan Bimbingan Teknis tanaman hias yang diselenggarakan di Aula BPTP Provinsi Sulawesi Utara (BPTP Suluit) Rabu (10/8/22).

Mengusung tema Hilirisasi Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek untuk Meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi Petani/Penangkar Anggrek di Kota Manado tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan semangat para pelaku usaha tani khususnya tanaman hias yang berada di wilayah Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Kapuslitbang Hortikultura menyampaikan komoditas tanaman hias di Sulawesi Utara saat ini telah berkembang pesat terbukti dengan banyaknya varietas unggul tanaman hias produk Balitbangtan yang ditampilkan dalam event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang pembukaannya dilaksanakan senin (8/8/22) kemarin.

Turut hadir dan memberi sambutan Kepala BPTP Sulawesi Utara Dr. Femmi Nor Fahmi yang dalam sambutannya menyampaikan BPTP Sulut sangat mendukung pengembangan tanaman hias di Sulawesi Utara, delapan kabupaten di Provinsi ini merupakan penghasil anek tanaman hias yang endemik sulawesi utara dan telah dikenal diberbagai wilayah di Indonesia hal ini tentu membutuhkan keseriusan dalam pengembangannya, ujar Femmi.

Materi yang disajikan terdiri dari Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek yang disampaikan Dr. Dedeh Kurniasih dan Potensi Pengembangan Sumber Daya Genetik Anggrek di Sulawesi Utara oleh Ir. Jeaneke Wowiling.

Antusiasme peserta terlihat saat sesi diskusi dibuka dengan banyaknya pertanyaan seputar pengembangan tanaman hias anggrek dan penanganan pasca panen serta pemasaran.

Penutupan kegiatan dilakukan oleh Kepala Balithi Dr. Muhammad Thamrin yang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberi dampak signifikan terhadap perkembangan usaha tani tanaman hias khususnya anggrek di kota Manado.

Manado merupakan salah satu kota yang menjadi pusat pariwisata dunia yang perkembangannya cukup pesat sehingga kegiatan seperti ini akan mendukung sektor kepariwisataan di Manado, selain itu Manado juga terkenal dengan kota yang sangat dinamis yang kegiatan-kegiatan hari besar seperti keagamaannya memerlukan aneka jenis tanaman hias hal inilah yang menjadikan Balithi memilih kota Manado sebagai salah satu dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Tanaman Hias, ujar Kepala Balithi menutup sambutannya.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan penyerahan benih anggrek dendrobium varietas Syifa, Kumala dan Dian oleh Kepala Puslitbang Hortikultura kepada Dinas Pertanian Kota Manado. (irm)

SebelumnyaProgram YESS Magang Kultur Jaringan Anggrek
Selanjutnya Hilirisasi Teknologi Budidaya Tanaman Hias Anggrek di Lampung