PROGRAM YESS MAGANG KULTUR JARINGAN ANGGREK

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan calon penerima manfaat program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Program (YESS) diadakan kegiatan pemagangan yang diselenggarakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di Balai Penelitian Tanaman Hias mulai 3 Juli hingga 27 Juli 2022.

Kegiatan yang diselenggakan hampir satu bulan ini bertujuan menghasilkan generasi muda pertanian/ petani millenial khususnya bagi para pemuda dengan rentang usia 17-39 tahun di wilayah perdesaan kultur jaringan dan aklimatisasi komoditas Anggrek.

Kegiatan yang diikuti oleh sembilan peserta ini terdiri dari praktik perbenihan anggrek melalui teknik kultur jaringan hingga proses aklimatisasi agar benih anggrek siap dibudidayakan. 

Sebelum mengakhiri kegiatan pemagangan, senin dan selasa (25-26/7/22) dilakukan uji kompetensi yang terdiri dari test tertulis dan praktik oleh tim assesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Nasional guna memastikan seluruh peserta menguasai materi yang diberikan selama mengikuti pemagangan kultur jaringan dan aklimatisasi anggrek di Balithi. 

Program YESS merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang menyasar kepada pemuda pedesaan guna mengembangkan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.

SebelumnyaKrisan Bunga Potong Ratimaya Agrihorti
SelanjutnyaHilirisasi Anggrek di Kota Manado