NETCHIA AGRIHORTI ANGGREK VANDA DENGAN KETAHANAN MEKAR KUNTUM BUNGA LAMA

Vanda merupakan salah satu jenis anggrek yang sangat digemari penganggrek di daerah tropis dan subtropis, karena memiliki beberapa karakter unggul dibanding jenis anggrek lainnya, yaitu bunga beraneka warna dan corak, bunga besar, bentuk bunga menarik, rajin berbunga (2 – 3 kali per tahun), ketahanan mekar bunga lama dan mudah budidayanya.

Pengembangan anggrek Vanda dan kerabatnya di Indonesia tidak seperti anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis yang sangat cepat sekali muncul varietas-varietas baru. Hal ini disebabkan oleh lambatnya pertumbuhan dan lamanya umur berbunga anggrek Vanda dibandingkan dua jenis tersebut, kondisi ini menyebabkan harga jual anggrek Vanda juga menjadi tinggi. 

Permasalahan lain adalah anggrek dari kerabat Vanda masih jarang diusahakan di Indonesia, dan hanya terbatas pada anggrek Vanda potong seperti Vanda Genta Bandung, Arachnis Maggie Oei dan Aranthera James Storie yang berwarna ungu, kuning pucat, dan merah. Namun anggrek-anggrek tersebut belum dapat menjadi tanaman utama dalam rangkaian bunga sedangkan anggrek pot hampir semuanya diimpor dari Thailand.

Guna mendukung pengembangan industri florikultura berbasis pada unggulan nasional dan menyediakan alternatif pilihan varietas bagi petani dalam pengembangan usaha budidaya anggrek Vanda maka Balithi melepas varietas unggul baru Anggrek Vanda yang diberi nama Nachita Agrihorti.

Varietas Netchia Agrihorti memiliki warna dasar bunga ungu cerah/brilliant purple dengan warna corak bunga merah keunguan kuat/fuchsia/strong purplish red dengan bibir bunga memiliki dua warna, yaitu merah muda keunguan sedang/moderate purplish pink, serta warna bagian ujung bibir yaitu merah keunguan tua/deep purplish red.

Jumlah kuntum bunga dalam satu rangkaian sebanyak 6-9 kuntum, Karakter ketahanan mekar kuntum bunga yaitu 28 – 40 hari, karakter ketahanan mekar kuntum bunga inilah yang menjadi keunggulan varietas Netchia Agrihorti.

Karakter lama kesegaran bunga adalah salah satu karakter yang menentukan nilai ekonomi tanaman hias tersebut. Variasi lama kesegaran bunga antar genotipe berhubungan dengan variasi akumulasi karbohidrat sejak genotip tersebut mampu menghasilkan daun berlebih.(irm)

Pemulia: Minangsari Dewanti dan Suskandari Kartikaningrum

SebelumnyaProduk Unggul Baru Cymbidium dan Paphiopedilum Diharapkan Jadi Trend Setter Industri Anggrek Indonesia
SelanjutnyaPenanaman Dan Pemeliharaan Tanaman Induk Sumber Benih Untuk Krisan Pot