MENGENAL TANAMAN HIAS HEDERA HELIX

Hedera helix memiliki nama umum English Ivy, European Ivy, Ivy (Inggris), Chang chun teng (China), Daun Ivi (Indonesia). Tanaman ini tergolong tanaman berhari pendek obligat (obligate short day plant) dengan fase juvenile mencapai 10 - 15 tahun. Tanaman ini memerlukan kondisi lingkungan berbeda antara fase sebelum dan saat inisiasi pembungaan. 

Fase sebelum inisiasi tidak membutuhkan kondisi lingkungan yang spesifik, namun saat proses inisiasi membutuhkan kondisi hari pendek selama 12 jam yang diikuti dengan hari panjang (16 jam) pada suhu lingkungan optimal 16 derajat Celcius dengan batas suhu 21 derajat Celcius.

Lingkungan seperti ini sangat jarang terjadi pada kondisi tropis seperti Indonesia, sehingga tanaman H helix jarang terlihat berbunga atau menghasilkan buah atau biji secara alami.

Tanaman Hedera banyak digunakan sebagai tanaman hias gantung. Tanaman Hedera mempunyai kandungan alkaloida, saponin dan polifenol. Zat ini bersifat racun bagi hewan dan manusia, bila tanaman ini termakan atau tertelan akan mengakibatkan alergi bagi kulit, muntah, kejang, kesulitan bernafas sampai dapat mengakibatkan koma. Oleh karena itu tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan biopestisida.

Daun Hedera helix, mampu mendekomposisi benzene dan tricholoethylen, Hedera umumnya diperdagangkan dalam bentuk tanaman hias daun potong, dalam pot untuk interior dan taman. 

Warna daun yang bercorak (variegata) dan tahan pemangkasan membuat tanaman ini banyak diminati konsumen.  Asosiasi komunitas ivy Amerika menetapkan klasifikasi sistem ivy berdasarkan bentuk dan warna daun dalam perdagangan ivy.  Semua kultivar dijual dalam fase juvenile tanpa bunga.(irm)

SebelumnyaAnggrek Phalaenopsis Varietas Ayu Produk Balitbangtan
SelanjutnyaMengenal Tanaman Hias Nephrolepis exaltata L.