ANGGREK PHALAENOPSIS VARIETAS AYU PRODUK BALITBANGTAN

Perkembangan pemuliaan anggrek khususnya Phalaenopsis di Indonesia sudah pesat. pemulia dari daerah Jawa Timur (Prigen) dan Jawa Barat (Lembang dan Cianjur) telah lama bergerak dalam menghasilkan silangan-silangan baru yang tidak kalah dengan silangan-silangan luar. Namun terdapat kendala terutama dengan penyediaan benih yang seragam, karena keterbatasan teknologi, dan anggapan yang salah bahwa dengan perbanyakan benih akan menurunkan harga. Kebutuhan ekonomi yang mendesak juga merupakan salah satu kendala, sehingga banyak silangan-silangan dalam negeri yang dibeli putus oleh penganggrek dari luar negeri, sehingga kepemilikan berpindah tangan.
 
Partisipasi aktif Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) dalam pembangunan usaha anggrek di tanah air melalui penyediaan varietas unggul yaitu penerapan program pemuliaan secara berkesinambungan yang dapat  menjamin penyediaan varietas-varietas baru anggrek Phalaenopsis guna memenuhi preferensi konsumen yang umumnya selalu menyukai tipe, warna dan bentuk bunga yang unik dan eksotik. Dan enam varietas Phalaenopsis dalam kelompok “Ayu” (Hasil persilangan antara antara Dtps. Taisuco Jewel “M-5” x Dtps. Taisuco Jewel “M-3” dengan Dtps. Leopard Prince) yang telah dilepas yaitu Ayu Lestari, Ayu Suciati, Ayu Larasati, Ayu Pratiwi, Ayu Respati dan Ayu Pujiastuti.

Phalaenopsis Ayu Pujiastuti Agrihorti
Anggrek Phal. Ayu Pujiastuti  (SK pelepasan 058/Kpts/SR.120/D.2.7/6/2015), memiliki keunggulan bentuk bunga bulat dengan ukuran bunga bisa mencapai 10 cm, jumlah kuntum bunga banyak (bisa mencapai 19 kuntum), susunan bunga berderet teratur pada tangkai bunga. Warna bunga pink muda dengan corak garis dan bintik merah tua, dan  pada sepal lateral bintik merah tua lebih besar sehingga warna tersebut menonjol dan diperindah dengan warna bibir merah tua. Selain itu varietas ini dapat dibentuk tipe multiflora, yaitu dalam satu tangkai bunga memiliki lebih dari satu cabang.

Phalaenopsis Ayu Lestari
Anggrek Phal. Ayu Lestari (SK pelepasan 016/Kpts/SR.120/D.2.7/4/2013), memiliki keunggulan dalam warna bunga putih dengan corak garis dan bintik ungu yang tertata rapi dan seimbang, dan pada sepal lateral bintik red purple lebih besar sehingga warna tersebut menonjol. Bunga memiliki bibir lebih besar berwarna merah tua. Arah menghadap bunga ke tiga arah yang tersusun secara rapi, serta jumlah bunga yang banyak berkisar 12 – 21 kuntum dan panjang dan lebar bunga > 7,5 cm. Banyaknya kuntum bunga ini didukung oleh percabangan pada rangkaian bunga tipe multiflora.

Phalaenopsis Ayu Larasati
Anggrek Phal. Ayu Larasati (SK pelepasan 046/Kpts/SR.120/D.2.7/7/2014), memiliki keunggulan tipe multiflora bunga besar dan warna bunga putih dengan corak garis dan bintik ungu yang tertata rapi dan seimbang, dan pada sepal lateral binti red purple lebih besar sehingga warna tersebut menonjol. Jumlah bunga 14 – 18 kuntum, panjang  bunga 7,4 – 8,3 cm dan lebar bunga 8,2 – 9,0 cm.

Phalaenopsis Ayu Pratiwi
Anggrek Phal. Ayu Pratiwi (SK pelepasan 016/Kpts/SR.120/D.2.7/7/2014), memiliki keunggulan pada warna pada sepal lateral dan petal lebih tajam dibanding  Phal.  Ayu Lestari dan Phal. Ayu Suciati, yaitu bintik red purple dan garis – garis ungu tampak jelas, dan warna bibir merah tua  terlihat menonjol. Jumlah kuntum bunga 15 – 24 kuntum, panjang 7,6 – 8,4 cm dan lebar 8,9 – 9,1 cm

Phalaenopsis Ayu Respati
Anggrek Phal. Ayu Respati (SK pelepasan 047/Kpts/SR.120/D.2.7/7/2014), memiliki keunggulan pada warna pada sepal lateral dan petal lebih lembut disbanding Phal.  Ayu Lestari dan Phal. Ayu Suciati, yaitu bintik red purple dan garis – garis ungu tidak terlalu nampak, sehingga warna bibir merah tua  terlihat menonjolWarna pada sepal lateral dan petal Phal. Ayu Respati lebih lembut disbanding Phal. Ayu Lestari dan Phal. Ayu Suciati, yaitu bintik red purple dan garis – garis ungu tidak terlalu nampak, sehingga warna bibir merah tua  terlihat menonjol Tipe multiflora bunga besar dan jumlah kuntum bunga banyak (18 – 20 kuntum), susunan bunga berderet rata dan rapih dengan panjang bunga 7,7 – 8,2 cm dan lebar bunga 8,6 – 9,4  cm.

Phalaenopsis Ayu Suciati
Anggrek Phal. Ayu Suciati (SK pelepasan 017/Kpts/SR.120/D.2.7/4/2013), memiliki keunggulan dalam warna bunga putih dengan corak garis dan bintik ungu yang tertata rapi dan seimbang, dan pada sepal lateral binti red purple lebih besar sehingga warna tersebut menonjol. Susunan bunga berderet rata dan rapih dengan jumlah kuntum 12 – 25, dengan panjang bunga 7,3 – 7,5 cm dan lebar bunga 7,9 – 8,8 cm.(irm)

Dedeh Siti Badriah
Balai Penelitian Tanaman Hias

SebelumnyaBalithi Dikunjungi Kepala Museum Tanah dan Pertanian
SelanjutnyaMengenal Tanaman Hias Hedera helix