PERBANYAKAN MASAL ANGGREK DENDROBIUM SECARA IN VITRO

Perbanyakan Masal Anggrek Dendrobium Secara In Vitro dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya 

(1) Penyediaan bahan tanaman sebagai sumber eksplan Dendrobium.
Telah dilakukan penyediaan materi awal dari beberapa varietas antara lain adalah Varietas Dian Agrihorti, Varietas Almira, Varietas Syifa.  Tunas yang berasal dari tunas anakan Dendrobium ditanam pada media pembesaran tunas yaitu  1/2 MS + 0,5 BAP hingga tunas memanjang  berukuran 8-10 mm dan diinkubasikan di ruang gelap. Kegiatan selama 6 bulan pertama dalam menghasilkan tunas yang akan digunakan sebagai materi awal perbanyakan melalui pembentukan plb dan kalus.  

(2) Inisiasi dan proliferasi plb Dendrobium  tanaman model  menggunakan metode TCL. Kegiatan ini menggunakan 2 macam metode yaitu inisiasi plb menggunakan eksplan tunas pucuk dan inisiasi menggunakan irisan horizontal tunas (metode TCL). 

(2.1.) Inisiasi plb Dendrobium varietas Dian menggunakan metode thin cell layer (TCL). Metode irisan horizontal tunas pucuk Dendrobium varietas Dian diterapkan untuk menginisiasi plb menggunakan media 1/2 MS+ 0,5 mg/lBAP+ 0,5 mg/lNAA merupakan media yang tepat, baik persentase, jumlah dan ukuran plb.  Secara visual plb yang tumbuh dari ke empat media tidak berbeda. 

(2.2) Inisiasi plb Dendrobium varietas Dian menggunakan eksplan tunas pucuk. Pada inisiasi plb Dendrobium menggunakan eksplan tunas pucuk dengan menggunakan media 1/2 MS+0,1 mg/l TDZ + 0,5 mg/l BAP + 20 g/l sukrosa merupakan media yang tepat.  Media yang mengandung thidiazuron dan 2,4-D lebih banyak menghasilkan kalus dan tunas.

(3) Inisiasi dan perbanyakan plb Dendrobium dengan menggunakan media cair 
Plb yang berasal dari proses inisiasi dipindahkan pada media cair, untuk inisiasi plb dan proliferasi plb  Dendrobium menggunakan media cair dengan media 1/2 MS+ 0,5 mg/l BAP+ 0,5 mg/lNAA merupakan media yang tepat.

(4) Regenerasi Planlet Dendrobium varietas Dian
Regenerasi planlet Dendrobium varietas Dian menggunakan media VW + 100 g/l pisang + 100 ml/l air kelapa merupakan media yang tepat. Pembesaran planlet dan regerasi planlet Dari rangkaian kegiatan tersebut diambil suatu metode terbaik untuk perbanyakan masal anggrek Dendrobium yaitu mata tunas ditanam pada media 1/2 MS +0,75 mg/l+ 0,5 mg/l BAP, selanjutnya inisiasi kalus dan plb menggunakan metode TCL dan media 1/2 MS +0,5 mg/l BAP + 0,5 mg/l NAA atau menggunakan tunas pucuk yang ditanam pada media 1/2 MS + 0,5 mg/l thidiazuron+ 0,5 mg/l BAP+sukrosa 2%. Kemudian untuk proliferasi plb di media cair dapat digunakan media1/2 MS +0,5 mg/l BAP+ 0,5 mg/l NAA. Plb dapat diregenerasikan dengan baik pada media VW + 100 g/l pisang + 100 ml/l air kelapa.(irm)

Sri Rianawati, Ridho Kurniaty, Dyah Widyatoety, Dewi Pramanik, Syafni, Budi Marwoto, Rudy Soehendi, Kurniawan Budiarto, Rika Meilasari, Suryanah

SebelumnyaKRISAN POT MULAI BERMEKARAN, PT CIGWA INDONESIA JAYA SEMAKIN BERWARNA
SelanjutnyaTANAM VARIETAS KRISAN BALITHI, PETANI MASIH TETAP RAUP KEUNTUNGAN