DUKUNG KEMANDIRIAN BENIH ANGGREK DENDROBIUM, BALITHI KEMBANGKAN TEKNOLOGI EMBRIOGENESIS SOMATIK BERBASIS BIOREAKTOR

Dendrobium merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan banyak diminati pasar karena keunggulan dan keunikan yang dimilikinya. Kebutuhan pasar akan jenis anggrek ini sangat tinggi dan diperkirakan terus meningkat. Namun Teknologi perbanyakan klonal Dendrobium yang ada saat ini masih bersifat konvensional dan sederhana dengan kapasitas dan produktivitas yang masih rendah. Hal ini berdampak terhadap rendahnya ketersediaan benih Dendrobium bermutu dalam skala komersial secara berkesinambungan.

Penyediaan benih Dendrobium bermutu melalui aplikasi teknologi embriogenesis somatik berbasis bioreaktor merupakan terobosan penting dari Balithi  yang diharapkan mampu mengatasi kendala tersebut. Pemanfaatan bioreaktor dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dan efisien untuk tujuan produksi benih tanaman skala masal. Sistem ini dapat meningkatkan proliferasi sel dengan kapasitas yang memadai karena penyerapan nutrisi yang optimal, ketersediaan oksigen yang cukup, pergerakan eksplan yang aktif, serta lebih efisien dalam penggunaan peralatan, biaya produksi, ruang, waktu dan tenaga.

Teknologi ini memiliki potensi tinggi untuk diterapkan dalam rangka penyediaan benih sehat, vigor, dan bermutu skala komersial jenis Dendrobium lain. Namun, pengembangan protokol pada skala komersial perlu dikonfirmasi/dikaji lebih lanjut untuk program adopsi kepada produsen dan petani penangkar di sekitar lokasi pengembangan kawasan produksi, serta perlu diverifikasi sesuai dengan analisis visibilitas, nilai ekonomis, permintaan pasar, tujuan pasar dan pemain pasar dari jenis Dendrobium yang dipilih. Aplikasi lebih lanjut teknologi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dan efisien untuk penyediaan benih Dendrobium bermutu produk asli Indonesia. Dengan semakin banyaknya jenis Dendrobium produk asli Indonesia yang disiapkan ketersediaan benih berkualitasnya diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak yang nyata terhadap perkembangan dan kemajuan agribisnis Dendrobium di Indonesia bagi semua pelakunya. Pada gilirannya Dendrobium produk-produk Nasional dapat menjadi tuan di negeri sendiri dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan aktivitas agribisnis anggrek yang makin tinggi dan ekspor produk anggrek yang makin besar ke luar negeri.    

SebelumnyaArshati Agrihorti Krisan yang Mampu Bertahan Dengan Kesegaran Optimal
SelanjutnyaKRISAN POT MULAI BERMEKARAN, PT CIGWA INDONESIA JAYA SEMAKIN BERWARNA